Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Tunarungu Berdasarkan Standar Isi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Di Sekolah Luar Biasa Ngudi Hayu Srengat Blitar

Yulisa, Triswardani, Victoria (2014) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Tunarungu Berdasarkan Standar Isi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Di Sekolah Luar Biasa Ngudi Hayu Srengat Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
lampiran .pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I, II, III, IV, V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Bahan Ajar, Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Tunarungu, Standar Isi, Kemampuan Berhitung. Fenomena keterbatasan bahan ajar matematika bagi ABK Tunarungu yang minim, sedangkan ketersediaan bahan ajar tersebut sangat dibutuhkan, erlebih dalam berhitung matematika Sehingga dengan adanya keterbatasan buku-buku penunjang pembelajaran tersebut, mengharuskan guru untuk memvisualisasikan sendiri materi yang akan mereka sampaikan kepada peserta didik dengan harapan siswa tunarungu lebih mudah memahaminya Rumusan masalah dalam penelitian pengembangan ini adalah: (1) Bagaimana desain bahan ajar matematika yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan berhitung ABK Tunarungu? (2) Bagaimana keefektifan dari bahan ajar matematika yang di kembangkan di SLB?. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: (1) Mengetahui desain bahan ajar matematika yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan berhitung ABK Tunarungu. (2) Mengetahui keefektifan bahan ajar matematika yang dikembangkan di SLB. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar matematika adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Beberapa tahap yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) tahap penelitian dan pengumpulan data informasi awal, (2) tahap perencanaan, (3) penyusunan bahan ajar dalam bentuk LKPD, (4) uji validasi ahli, (5) tahap revisi produk, dan (6) tahap diseminasi dan implementasi. Tahap validasi produk dilakukan oleh 2 pakar bahan ajar dan 1 pakar tunarungu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar penilaian untuk pakar bahan ajar dan pakar tunarungu, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa hasil akhir dari bahan ajar matematika yang dikembangkan di SLB Ngudi Hayu ini mempunyai desain sebagai berikut: (1) halaman judul; (2) Kata Pengantar; (3) Daftar Isi; (4) Judul Bab; (5) Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar; (6) Masalah Kontekstual; (7) Judul Sub Bab; (8) Materi; (9) Contoh Soal; (10) Visualisasi Gambar; (11) Latihan Soal; (12) Lembar Jawab; (13) Uji Kompetensi; (14) Kolom Penilaian; (15) Motivasi; (16) Daftar Pustaka. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data dari angket pakar bahan ajar matematika, pakar materi dan praktisi lapangan mendapat presentase rata-rata sebesar 80%, yang artinya produk pengembangan valid/layak untuk digunakan. Dan berdasarkan hasil nilai rata-rata xix pre test sebesar 67.1875 dan post test 89.0625 maka bahan ajar yang dikembangkan ini efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematika

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2014 02:46
Last Modified: 03 Dec 2014 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item