WINDI NURLAELA FITRIANA, 12102183019 (2022) TANGGUNG JAWAB ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DALAM PERSPEKTIF FIKIH HADANAH (Studi Kasus di Lingkungan Brumbung Kelurahan Tanjunganom Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Jawa Timur). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (473kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Windi Nurlaela Fitriana, 12102183019, Tanggung Jawab Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Dalam Perspektif Fikih Hadanah (Studi Kasus di Lingkungan Brumbung Kelurahan Tanjunganom Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Jawa Timur), Jurusan Hukum Keluarga Islam, FASIH, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing: Dr. Hj. Nur Fadhilah, S.H.I., M.H. Kata Kunci: fikih hadanah, pembelajaran daring, tanggung jawab orang tua Penelitian ini dilatarbelakangi peningkatan tanggung jawab orang tua terhadap anak selama pembelajaran daring. Orang tua dari yang semula hanya mengerjakan urusan rumah tangga dan bekerja, selama pandemi Covid-19 dan sistem sekolah diubah menjadi sekolah daring dari rumah, menyebabkan tugas orang tua menjadi bertambah dan sangat berpengaruh bagi kelangsungan proses belajar anaknya. Fikih hadanah digunakan sebagai persepktif dalam mengkaji realita ini. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tanggung jawab orang tua selama pembelajaran daring di Lingkungan Brumbung Kelurahan Tanjunganom Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk? 2) Bagaimana tanggung jawab orang tua selama pembelajaran daring di Lingkungan Brumbung Kelurahan Tanjunganom Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk dalam perspektif fikih hadanah? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tanggung jawab orang tua selama pembelajaran daring dibagi ke dalam tiga tahapan yaitu pra, saat dan usai pembelajaran. Dari ketiga aspek ini belum sepenuhnya dilakukan oleh orang tua. Pada tahap pra pembelajaran, tanggung jawab yang sudah dilakukan orang tua yaitu, bergabung dalam grup belajar dengan memberikan nomor pada guru anak didik, menyiapkan perangkat yang digunakan selama proses pembelajaran daring, serta memastikan anak siap mengikuti pembelajaran daring. Diskusi dengan guru terkait rencana pembelajaran secara inklusif belum dilakukan oleh orang tua. Pada tahap saat pembelajaran, tanggung jawab yang sudah dilakukan orang tua hanya mendorong anak agar aktif melakukan pembelajaran daring dari rumah namun orang tua tidak optimal dalam melakukan pemantauan, pendampingan, pengawasan dan membantu secara teknis mengoperasikan aplikasi dan teknologi. Pada tahap usai pembelajaran, tanggung jawab orang tua belum dilakukan dalam aspek ini seperti memastikan anak mengisi lembar aktivitas, mengumpulkan lembar aktivitas serta mendiskusikan tantangan dan kendala dengan guru. 2) Dalam perspektif fikih hadhanah, tanggung jawab orang tua kepada anaknya selama pembelajaran daring terdiri dari tiga tahapan yaitu pra, saat dan usai pembelajaran belum diterapkan secara optimal sehingga belum sepenuhnya sesuai dengan fikih hadhanah. Pada tahap pra pembelajaran, tanggung jawab orang tua dalam perspektif fikih hadhanah sudah hampir semua dilakukan misalnya, pemenuhan hak hadhanah yang diberikan oleh orang tua dan pemenuhan hak nafkah hadhanah oleh ayah. Tanggung jawab orang tua yang belum diterapkan yaitu tanggung jawab pengasuhan dalam pertumbuhan kecerdasan anak. Pada saat pembelajaran, tanggung jawab orang tua dalam aspek ini yang sudah diterapkan sesuai fikih hadhanah yaitu pengasuhan dalam pertumbuhan pendidikan anak dalam pembelajaran secara daring. Dan tanggung jawab yang belum diterapkan sesuai fikih hadhanah adalah pendampingan dan pemantauan anak selama pembelajaran serta membimbing atau mendidik yang belum mumayyiz dalam pembelajaran contohnya membimbing anak dalam pengoperasian aplikasi dan teknologi. Pada tahap usai pembelajaran, tanggung jawab orang tua dalam aspek ketiga ini belum diterapkan oleh orang tua sesuai fikih hadhanah. Mengasuh dan merawat anak seperti melakukan evaluasi ketika anak telah melaksanakan pembelajaran secara daring dari rumah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Hukum > Hukum Keluarga Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam |
Depositing User: | 12102183019 Windi Nurlaela Fitriana |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 07:02 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 07:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29115 |
Actions (login required)
View Item |