ANALISIS PENGARUH NON PERFORMING FINANCING, FINANCING TO DEPOSIT RATIO, CAPITAL ADEQUACY RATIO, DAN BEBAN OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL TERHADAP RETURN ON EQUITY (Studi Kasus pada BCA Syariah Tahun 2013-2020)

MOH. WISNU FIRMANSYAH, 12401183113 (2022) ANALISIS PENGARUH NON PERFORMING FINANCING, FINANCING TO DEPOSIT RATIO, CAPITAL ADEQUACY RATIO, DAN BEBAN OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL TERHADAP RETURN ON EQUITY (Studi Kasus pada BCA Syariah Tahun 2013-2020). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pengaruh Non Performing Financing, Financing To Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio, dan Beban Operasional Pendapatan Operasional Terhadap Return On Equity (Studi Kasus pada BCA Syariah Tahun 2013-2020)” ini ditulis oleh Moh. Wisnu Firmansyah, NIM. 12401183113, dibimbing oleh Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keuntungan BCA Syariah menimbulkan pertanyaan bahwa profitabilitas Return On Equity (ROE) mengalami penurunan tiap tahunnya, akan tetapi faktor yang mempengaruhi ROE seperti Non Performing Financing (NPF), Financing To Deposit Ratio (FDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) yang justru mengalami kenaikan di tiap tahunnya. Penurunan profitabilitas ROE yang mengakibatkan laba bersih yang diperoleh rendah dan menurunnya keinginan investor dalam menambah atau mempertahankan investasi pada Bank BCA Syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel NPF, FDR, CAR, dan BOPO terhadap ROE Bank BCA Syariah. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah secara simultan variabel NPF, FDR, CAR, dan BOPO berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas ROE secara simultan pada Bank BCA Syariah? (2) Apakah secara parsial variabel NPF, FDR, CAR, dan BOPO berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas ROE secara simultan pada Bank BCA Syariah?. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Menggunakan data sekunder pada laporan triwulan Bank BCA Syariah tahun 2013-2020. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda menggunakan aplikasi SPSS 26 terdiri dari uji normal, uji klasik, dan analisis regresi berganda. Penelitian ini menghasilkan bahwa CAR berpengaruh negatif signifikan terhadap ROE Bank BCA Syariah, yang berakibat pada tingginya dana yang nganggur sehingga turunnya kesempatan dalam memperoleh laba. Dengan hasil penelitian ini diharapkan Bank BCA Syariah dijadikan pertimbangan terkait faktor apa saja yang mempengaruhi ROE dan penelitian selanjutnya diharapkan sebagai dasar pengembang pelitian terkait ROE dengan variabel lain dan faktor yang disangka berpengaruh terhadap ROE. Kata Kunci: Beban Operasional Pendapatan Operasional, Capital Adequacy Ratio, Financing To Deposit Ratio, Non Performing Financing, Return On Equity.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Laba
Ekonomi > Laporan Keuangan
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401183113 Moh. Wisnu Firmansyah
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:44
Last Modified: 09 Aug 2022 07:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29128

Actions (login required)

View Item View Item