PERAN BUDI DAYA TANAMAN PORANG TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Desa Joho Kabupaten Trenggalek)

Susi Retno Utami, 12402183070 (2022) PERAN BUDI DAYA TANAMAN PORANG TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Desa Joho Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Budi Daya Tanaman Porang terhadap Kesejahteraan Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Desa Joho Kabupaten Trenggalek)” ini ditulis oleh Susi Retno Utami, NIM 12402183070, pembimbing Lativa Hartiningtyas, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya potensi positif porang dari segi ekonomi, yang selaras dengan adanya fenomena budi daya tanaman porang di Desa Joho, Kabupaten Trenggalek, yang mayoritas petani porangnya adalah beragama Islam. Fokus penelitian dari penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana tahapan budi daya porang yang dilakukan oleh pembudidaya porang di Desa Joho, (2) Bagaimana penggunaan hasil budi daya tanaman porang yang dilakukan oleh pembudidaya porang di Desa Joho, (3) Bagaimana pengaruh kegiatan budi daya porang terhadap pencapaian kesejahteraan masyarakat di Desa Joho jika dilihat dari perspektif ekonomi Islam. Untuk metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis, yaitu jenis penelitian yang akan membantu peneliti dalam melihat serta mempelajari suatu fenomena di tengah-tengah masyarakat melalui sudut pandang orang-orang yang berkecimpung langsung dalam fenomena yang terkait. Teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada empat informan, selaku petani porang di Desa Joho, yang sudah melalui masa panen. Sementara untuk analisis data menggunakan bantuan software ATLAS.ti 9 dengan model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari keseluruhan tahapan yang digunakan, penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, meliputi: (1) Tahapan budi daya tanaman porang yang dilalui oleh empat informan secara umum adalah meliputi tahap perolehan bibit porang melalui pembelian atau dari tanaman porang liar yang tumbuh di lahan pertanian, tahap perawatan tanaman porang melalui pemupukan dan penyiangan, dan tahap penyaluran hasil panen melalui penjualan umbi porang. (2) Penggunaan hasil/pendapatan dari budi daya tanaman porang secara umum adalah digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang terfokus pada kebutuhan pangan. (3) Berdasarkan tahapan budi daya dan penggunaan hasil/pendapatan budi daya, telah ditemukan bagian-bagian yang selaras dengan cara perolehan harta dan penggunaan harta dalam ekonomi Islam. Sehingga kegiatan budi daya tanaman porang sudah memberikan kontribusi untuk mencapai kesejahteraan dalam perspektif ekonomi Islam. Namun dari segi pengaruh yang dirasakan oleh informan, ada dua pengaruh yang menyebabkan penggunaan hasil budi daya porang tidak benar-benar berkontribusi terhadap pencapaian falah. Kata Kunci: Budi Daya, Tanaman Porang, Kesejahteraan, Ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183070 Susi Retno Utami
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:11
Last Modified: 09 Aug 2022 08:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29140

Actions (login required)

View Item View Item