JUAL BELI DIAMOND MOBILE LEGENDS DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Meduri, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro)

ROSALIA ANDRIYATI, 12101183020 (2022) JUAL BELI DIAMOND MOBILE LEGENDS DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Meduri, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (729kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya game mobile legends berdasarkan praktek jual beli diamond mobile legends yang ada di Desa Meduri Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro, dengan adanya beberapa praktik dengan sistem yang berbeda-beda adapun hal tersebut dapat menimbulkan unsur merugikan salah pihak dari pelaku usaha yang menyalahgunakan hal tersebut dengan menggunakan akad salam diamond mobile lagends dilakukan oleh masyarakat di Desa Meduri, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro. Peneliti berinisiatif untuk menganalisis transaksasi jual beli diamond mobile lagends ditinjau dari hukum islam di Desa Meduri, Kecamatan Margomulyo, Kabupatan Bojonegoro dengan Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana praktik jual beli Diamond Mobile lagends di Desa Muduri, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro? dan (2)Bagaimana jual beli Diamonds Mobile Legends ditinjau dari hukum islam? Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data mengunakan data primer yang diperoleh dari wawancara, observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari referensi buku, dokumentasi, gambar, wabsite. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur dan observasi langsung di Desa Meduri, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Praktik penerapan jual beli Diamond mobile legends yang dilakukan oleh masyarakat Desa Meduri Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro banyak dilakukan pada Codashop dan Instagram yang mana pelaksanaannya dirasa lebih mudah dan tidak memerlukan waktu lama tergantung dari sistem pembayarannya, dibandingkan dengan top up di moonton, codashop, dana, maupun shopee.(2) Jual beli Diamond mobile legends di Desa Meduri Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro ditinjau hukum Islam menggunakan akad salam berdasarkan transaksinya menggunakan monton shopee, codashop, dan dana diperbolehkan karena tergolong aman dan dari segi transaksinya sudah memenuhi rukun jual beli yang berlaku (adanya akad ijab qubul, penjual dan pembeli dan adanya objek). sedangkan, jika transaksinya dilakukan secara langsung(orang dengan orang) dan instagram sebaiknya tidak dilakukan dan tergolong dalam jual beli makruh (boleh, tapi lebih baik tidak dilakukan) sebab jual beli ini kurang aman untuk dilakukan sebab rukun jual beli belum terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101183020 ROSALIA ANDRIYATI
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:40
Last Modified: 12 Jan 2023 08:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29150

Actions (login required)

View Item View Item