UPAYA ADVOKAT DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA WARIS MELALUI JALUR MEDIASI NON LITIGASI DALAM KONSEP ISLAM (Studi Kasus di Billy Nobile & Associates dan Lembaga Bantuan Hukum Kartini Tulungagung)

Katherina Yulindasari, 12102183069 (2022) UPAYA ADVOKAT DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA WARIS MELALUI JALUR MEDIASI NON LITIGASI DALAM KONSEP ISLAM (Studi Kasus di Billy Nobile & Associates dan Lembaga Bantuan Hukum Kartini Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (494kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (254kB)

Abstract

Katherina Yulindasari. NIM. 12102183069, Upaya Advokat Dalam Menyelesaikan Sengketa Waris Melalui Jalur Mediasi Non Litigasi dalam Konsep Islam (Studi Kasus di Billy Nobile & Associates dan Lembaga Bantuan Hukum Kartini Tulungagung), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing: Dr. Ahmad Musonnif, M.H.I Kata Kunci: Advokat, Waris, Mediasi, Non Litigasi Permasalahan yang terjadi belakangan ini di Tulungagung banyak perkara waris. Penyelesaian perkara ada 2 yaitu penyelesaian di Pengadilan dan di luar Pengadilan. Hal ini di kuatkan pada PERMA No. 1 Tahun 2016 Tentang Mediasi. Ada beberapa rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana upaya Billy Nobile & Associates dan Lembaga Bantuan Hukum Kartini Tulungagung dalam menyelesaikan sengketa waris melalui jalur mediasi Non Litigasi. (2) Bagaimana efektivitas Billy Nobile & Associates dan Lembaga Bantuan Hukum Kartini Tulungagung dalam mediasi Non Litigasi. (3) Bagaimana upaya Billy Nobile & Associates dan Lembaga Bantuan Hukum Kartini Tulungagung dalam menyelesaikan sengketa waris melalui mediasi ditinjau dari Konsep Islam dan PERMA No. 1 Tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif (descriptive research) yaitu eksploitas dan klarifikasi mengenai kenyataan sosial, dengan mendeskripsikan sejumlah variabel dengan masalah yang diteliti. Data penelitian kemudian dianalisis dan dibandingkan berdasarkan kenyataan yang sedang berlangsung dan selanjutnya mencoba untuk memberikan pemecahan masalahnya dan dapat memberikan informasi yang mutakhir sehingga bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan serta lebih banyak dapat diterapkan pada berbagai masalah. Hasil dari Penelitian ini adalah: (1) Upaya yang digunakan untuk menyelesaikan sengketa waris oleh Billy Nobile & Associates dan Lembaga Bantuan Hukum Kartini Tulungagung, di antaranya mencari penyebab permasalahan sengketa waris, memberikan pemahaman terkait masalah yang di sengketakan, memberikan masukan kepada para pihak dan mediasi non litigasi. (2) Efektivitas keberhasilan mediasi non litigasi Billy Nobile & Associates dan Lembaga Bantuan Hukum Kartini Tulungagung dari segi hasil tidak membuahkan hasil yang bersifat kekeluargaan. Faktor yang menyebabkan mediasi non litigasi sedikit di antaranya salah satu pihak tidak hadir, salah satu pihak tidak punya itikad baik, dan kualitas mediator. Namun, prosedur mediasi non litigasi efektif karena biaya yang terjangkau, proses yang mudah dan cepat, dan bersifat rahasia. (3) Upaya Billy Nobile & Associates dan Lembaga Bantuan Hukum Kartini Tulungagung sudah sesuai dalam pelaksanaan penyelesaian mediasi (ishlah) ditinjau dari Konsep Islam dan PERMA No.1 Tahun 2016. Faktor yang menyebabkan pelaksanaan mediasi (ishlah) sesuai dengan Konsep Islam yaitu adanya pihak yang bersengketa dan mediator (hakam).

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102183069 Katherina Yulindasari
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:17
Last Modified: 09 Aug 2022 08:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29160

Actions (login required)

View Item View Item