PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS CERITA FANTASI DI SMP DARUL ULUM 1 JOMBANG TAHUN AJARAN 2020/2021

CHULLIVATUN WAQIDAH, 12210183128 (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS CERITA FANTASI DI SMP DARUL ULUM 1 JOMBANG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi di SMP Darul Ulum 1 Jombang Tahun Ajaran 2020/2021. Ditulis oleh Chullivatun Waqidah, NIM. 12210183128, pembimbing Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Penerapan, kemampuan menulis cerita fantasi, dan model pembelajaran project based learning. Pada pelajaran bahasa Indonesia siswa diharapkan memiliki beberapa keterampilan. Keterampilan bahasa Indonesia yang harus dimiliki oleh siswa yaitu membaca, menulis, berbicara, dan menyimak. Berdasarkan hasil interviu siswa kelas VII.4 SMP Darul Ulum 1 Jombang mengalami kesulitan dalam menulis cerita fantasi. Hal tersebut disebabkan karena siswa tidak sadar pentingnya menulis, kreatifitas, imajinasi siswa rendah, dan cara mengajar guru di sekolah tersebut menggunakan pembelajaran konvesional. Salah satu cara untuk mengatasi tersebut yaitu menerapkan model pembelajaran project based learning. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi di SMP Darul Ulum 1 Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dikatakan berhasil jika aktivitas guru dan siswa minimal 75% atau kategori baik. Data aktivitas siswa didapatkan dari hasil observasi pengamat selama proses penelitian dalam menerapkan model pembelajaran Project based Learning dan kemampuan siswa menulis cerita fantasi meningkat dari siklus 1 ke siklus berikutnya. Kriteria meningkat untuk kemampuan menulis yaitu jika ¾ dari jumlah siswa termasuk kategori siswa yang memiliki kemampuan menulis cerita fantasi tinggi. Kemampuan menulis siswa diambil berdasarkan hasil karya siswa dalam menulis cerita fantasi. Setelah melalui dua siklus penelitian tindakan kelas, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning bisa meningkatkan kemampuan menulis melalui tahapan sebagai berikut pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan produk, menyusun jadwal pembuatan, memonitor keaktifan dan perkembangan proyek, menguji hasil dan evaluasi pengalaman belajar. Berdasarkan hasil observasi siklus I aktivitas guru memiliki skor presentasi 89% sedangkan siklus II 98%. Aktivitas siswa skor presentasi 74% sedangkan siklus II 90%. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa meningkat dari siklus I ke Siklus II dan berkategori sangat baik. Pada siklus 1 jumlah siswa yang termasuk kategori kemampuan tinggi yaitu berjumlah 3, berkategori kemampuan menulis sedang 10 dan 16 siswa berkategori memiliki kemampuan siswa yang rendah. Hal tersebut berbeda pada siklus II hasil nilai menulis cerita fantasi meningkat. Siswa yang termasuk kategori kemampuan menulis tinggi yaitu 25 siswa. Siswa yang termasuk kemampuan menulis sedang berjumlah 2. Dan siswa yang termasuk kemampuan menulis rendah berjumlah 2.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 12210183128 CHULLIVATUN WAQIDAH
Date Deposited: 10 Aug 2022 08:10
Last Modified: 10 Aug 2022 08:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29197

Actions (login required)

View Item View Item