STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN R.A. KARTINI DAN DEWI SARTIKA MENGENAI KONSEP PENDIDIKAN

DINA NUR AZIZAH, 12205183288 (2022) STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN R.A. KARTINI DAN DEWI SARTIKA MENGENAI KONSEP PENDIDIKAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ―Studi Komparasi Pemikiran R.A. Kartini Dan Dewi Sartika Mengenai Konsep Pendidikan‖ ini ditulis oleh Dina Nur Azizah, NIM 12205183288, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci: Konsep Pendidikan, R.A. Kartini, Dewi Sartika Pendidikan di Indonesia mengalami banyak perkembangan sejak diterapkannya politik etis di era kolonial. Dalam perkembangannya, banyak kontribusi yang diberikan oleh tokoh-tokoh yang menyukai kemajuan, di antaranya R.A. Kartini dan Dewi Sartika. Kedua tokoh ini dikenal sebagai sosok pemberdaya perempuan dalam bidang pendidikan. Dengan banyaknya indikasi kesamaan cita-cita, peneliti tertarik mengkaji kembali pemikiran mereka mengenai pendidikan dalam sebuah karya ilmiah berupa skripsi dengan judul ―Konsep Pendidikan:Studi Komparasi Pemikiran Pendidikan R.A. Kartini dan Dewi Sartika‖. Fokus penelitian ini adalah konsep pendidikan menurut R.A. Kartini, konsep pendidikan menurut Dewi Sartika, dan persamaan dan perbedaan konsep pendidikan menurut R.A. Kartini dan Dewi Sartika. Pertanyaan penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah konsep pendidikan menurut R.A. Kartini? 2) Bagaimanakah konsep pendidikan menurut Dewi Sartika? 3) Apakah persamaan dan perbedaan konsep pendidikan menurut R.A. Kartini dan Dewi Sartika? Tujuan dalam penelitian kali ini untuk mendeskripsikan: 1) Konsep pendidikan menurut R.A. Kartini, 2) Konsep pendidikan menurut Dewi Sartika, 3) Persamaan dan perbedaan konsep pendidikan menurut R.A. Kartini dan Dewi Sartika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan, dengan pendekatan hermeneutik dan beberapa metode analisis seperti metode deskriptif analitis, metode content analysis, metode historis, dan metode komparatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari dua jenis, yaitu sumber data primer sebagai sumber data utama dan sumber data sekunder sebagai sumber data pendukung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan: 1) Konsep pendidikan menurut R.A. Kartini: pendidikan adalah alat untuk memajukan bangsa dan harus diperoleh semua orang; peran perempuan dalam pendidikan adalah sebagai ujung tombak pendidikan; pendidik adalah seorang yang memiliki kecakapan dalam mendidik dan membentuk karakter peserta didik; kurikulum meliputi pengetahuan dasar umum, kerumahtanggaan, kesenian daerah, dan kesehatan dasar; 2) Konsep pendidikan menurut Dewi Sartika: pendidikan merupakan sarana untuk memajukan bangsa yang dalam penyelenggaraanya harus disamaratakan, peran perempuan dalam pendidikan adalah sasaran yang harus dicerdaskan paling dulu; pendidik adalah sosok yang cakap dalam memberikan pengajaran dan berani terjun langsung meski memiliki pengetahuan yang belum seberapa; kurikulum yang diterapkan yaitu pengetahuan umum, kerumahtanggaan, cara hidup bersih dan sehat, pendidikan karakter atau budi pekerti dan agama, dan kesenian; metode pendidikan meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi, praktek, memberi nasihat dan memberi contoh, 3) Persamaan konsep pendidikan R.A. Kartini dan Dewi Sartika terdapat pada konsep hakikat pendidikan, peran perempuan dalam pendidikan dan kurikulum; perbedaan konsep terdapat pada pandangan tentang sosok pendidik dan penerapan kurikulum yang sedikit berbeda. Dewi Sartika memberikan pengajaran agama dan juga olahraga. R.A. Kartini tidak menerapkan keduanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183288 DINA NUR AZIZAH
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:13
Last Modified: 10 Aug 2022 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29203

Actions (login required)

View Item View Item