PENERAPAN KECERDASAN MAJEMUK DALAM PEMBELAJARAN KEAGAMAAN (Studi Multi Situs Di MTsN Bandung Dan MTs Al-Huda Bandung)

(Sulistyohadi, Rian), Rian (2015) PENERAPAN KECERDASAN MAJEMUK DALAM PEMBELAJARAN KEAGAMAAN (Studi Multi Situs Di MTsN Bandung Dan MTs Al-Huda Bandung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Penerapan Kecerdasan Majemuk dalam Pembelajaran Keagamaan”, disusun oleh Rian Sulistyohadi NIM: 2846134039, Program Pasca Sarjana, Progran Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: 1) Dr. Sokip, M.Pd. I, 2) Dr. H. Zein Aminudin, M. Si. Kata kunci : Kecerdasan Majemuk, Pembelajaran Keagmaan Latar belakang penelitian ini adalah manusia memiliki perasaan, akal budi, karakter atau watak yang beragam, yang semuanya itu sebenarnya adalah berbagai macam bentuk kecerdasan. Berdasarkan teori perkembangan siswa, diyakini bahwa setiap siswa lahir dengan lebih dari satu bakat. Setiap siswa mempunyai bakat yaitu kemampuan yang menonjol dalam salah satu aspek kepribadian, yang diperoleh sebagai pembawaan. Oleh karena itu, sejak lahir setiap siswa tidak ada yang bodoh, yang ada anak yang cerdas dalam aspek yang berbeda-beda. Penelitian ini terfokus dalam Penerapan Kecerdasan Majemuk Dalam Pembelajaran Keagamaan, adapun pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1. Bagaimana penerapan kecerdasan linguistik di MTsN Bandung dan MTs Al Huda Bandung ? 2. Bagaimana penerapan kecerdasan kinestetik di MTsN Bandung dan MTs Al Huda Bandung? 3. Bagaimana penerapan kecerdasan musikal di MTsN Bandung dan MTs Al Huda Bandung? 4. Bagaimana penerapan kecerdasan intrapersonal di MTsN Bandung dan MTs Al Huda Bandung? 5. Bagaimana strategi untuk meningkatkan penerapan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran keagamaan di MTsN Bandung dan MTs Al-Huda Bandung? 6. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran keagamaan di MTsN Bandung dan MTs Al-Huda Bandung? Metodelogi penelitian ini menggunakan, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan pendekatan penelitian kulitatif. Untuk menghindari kesalahan, maka diadakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik konfirmasi dan diskusi dengan teman sejawat. Kemudian data dianalisis kemudian direduksi, penyajian data selanjutnya diadakan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1. Penerapan kecerdasan linguistik di masing-masing lembaga pendidikan. Di MTsN Bandung menitiktekankan pada aplikasi berbahasa dengan tiga tahap, pertama perencanaan yang meliputi kegiatan mendengarkan, diskusi, menirukan, dan mereview. Kedua pelaksanaan, dengan menerapkan penggunaan mahir bahasa. Ketiga, evaluasi siswa secara psikologi yaitu minat anak, kerja sama antara guru dan orang tua. Sedangkan di MTs Al Huda Bandung, kegiatan perencanaan meliputi pengenalan mufrodat, metode Drill, metode ceramah, dan diskusi. Pelaksanaannya, yaitu pembelajaran dengan cara menyenangkan, dan pembinaan siswa yang mengikuti olimpiade. Evaluasi dilakukan meliputi aspek penilaian hafalan, menulis, keaktifan diskusi dan penugasan. 2. Penerapan kecerdasan kinestetik di masing-masing lembaga pendidikan. Di MTsN Bandung kegiatan perencanaan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Pelaksanaannya dilakukan dalam 2 macam yaitu praktek dan teknik pembelajaran dengan menyediakan fasilitas sarana dan prasarana. Evaluasi siswa dilihat dari segi kognitif dan psikomotorik. Sedangkan di MTs Al Huda Bandung perencanaannya menggunakan metode ceramah, dan kegiatan diskusi. Pelaksanaannya menitiktekankan pada aspek gerak anak tentang hablum minallah dan hablum minannas. Evaluasi meliputi penilaian tulis, sikap, ketrampilan dan lisan. 3. Penerapan kecerdasan musikal di masing-masing lembaga pendidikan. Di MTsN Bandung, kegiatan perencanaan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Pelaksanaannya lebih menitiktekankan pada penggunaan music atau suara-suara dari LCD, sound sistem dan lain-lain. Evaluasi meliputi nilai tes atau kognitif dan praktek atau psikomotorik. Sedangkan di MTs Al Huda Bandung kegiatan perencanaan menggunakan metode ceramah dan CTL (Contekstual Teaching Learning). Pelaksanaannya menggunakan perpaduan media klasik dan modern. Evaluasi meliputi kemampuan siswa dalam materi tulis dan sikap anak. 4. Penerapan kecerdasan intrapersonal di masing-masing lembaga pendidikan. Di MTsN Bandung menitiktekankan pada aplikasi perenungan dan intropeksi diri. Kegiatan perencanaan melalui pembuatan RPP. Pelaksanaannya guru lebih menggunakan kegiatan modern seperti kegiatan upacara dan istighostah. Evaluasi meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Sedangkan di MTs Al Huda Bandung kegiatan perencanaan menggunakan metode yaitu ceramah. Pelaksanaannya menggunakan media klasikal yaitu buku pelajaran. Dari segi prakteknya yaitu istighosah dan arahan dari guru BK. Dalam hal evaluasi semua tergantung pada input seorang anak. 5. Strategi penerapan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran keagamaan. Di MTsN Bandung, kegiatan perencanaan lebih terprogram di RPP. Dalam pelaksanaannya guru menerapkan strategi pembelajaran yang kondisional, terpimpin dan tanya jawab. Kegiatan evaluasi dengan meminta bantuan dari tim psikologi. Sedangkan di MTs Al Huda Bandung kegiatan perencanaan menekankan pada peningkatan kompetensi pendidik. Evaluasi meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. 6. Faktor pendukung dan penghambat kecerdasan majemuk dalam meningkatkan pembelajaran keagamaan di masing-masing lembaga pendidikan. Di MTsN Bandung, faktor pendukungnya yaitu dengan diterapkan hardware yang berupa kelas khusus, fasilitas alat media, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat meliputi hardware dan software yang berupa tidak sesuainya jadwal libur dengan kalender pendidikan. Sedangkan di MTs Al Huda Bandung, faktor pendukung diantaranya adanya kelas Full Day, hardware yang berupa fasilitas sarana prasarana dan software berupa kompetensi pendidik. Sedangkan faktor penghambat software yaitu berupa kurang kerjasamanya orang tua dengan guru dalam memberikan motivasi siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rian rian tiara
Date Deposited: 16 Dec 2015 04:04
Last Modified: 16 Dec 2015 04:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2924

Actions (login required)

View Item View Item