EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PERISTIWA ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTsN 8 BLITAR

SAFIRA MAULA FARICHA, 12210183117 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PERISTIWA ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTsN 8 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (543kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (490kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang terus meningkat dengan cepat mendorong sistem pendidikan mengikuti laju perkembangan teknologi. Pendidikan dengan cara penyampaian yang baik dan menarik dengan memanfaatkan teknologi sebagai media penunjang komunikasinya dapat mendukung kualitas pembelajaran yang bermutu. Tetapi berdasarkan fakta lapangan sistem pendidikan dan pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional dan monoton. Selain itu kurangnya media teknologi komunikasi yang menarik dapat membuat siswa cepat jenuh dan materi pembelajaran yang disampaikan menjadi tidak terserap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video peristiwa alam pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII MTsN 8 Blitar. Media video peristiwa alam merupakan media video yang menayangkan peristiwa atau fenomena alam dan memuat fakta-fakta yang terjadi secara nyata dalam lingkungan hidup masyarakat. Media video peristiwa alam yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, video animasi tentang fenomena alam yang sering terjadi di Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan metode Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design yaitu, dalam rancanganya menggunakan lebih dari satu kelompok yang terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yakni tergolong dalam Non-Probability Sampling yaitu, pengambilan sampel penelitian tanpa proses random melainkan atas pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas VIII A dan kelas VIII B dengan masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Data pada penelitian dikumpulkan melalui tes essay menulis teks eksplanasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan Statistik Uji T sampel berhubungan antara prates-pascatest kelas eksperimen dan prates-pascatest kelas kontrol dengan bantuan program SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kelas eksperimen memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 taraf signifikasi maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan, pada kelas kontrol memperoleh nilai sig (2tailed) 0,000 < 0,05 taraf signifikasi maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata (mean) kelas eksperimen sebesar (11.000 > 9.294) kelas kontrol. Dengan demikian, kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata (mean) yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183117 SAFIRA MAULA FARICHA
Date Deposited: 10 Aug 2022 08:12
Last Modified: 10 Aug 2022 08:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29250

Actions (login required)

View Item View Item