PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGAWASAN LIMBAH PABRIK TAHU PERSPEKTIF PERDA NOMOR 8 TAHUN 2017 DAN SIYASAH SYARIAH (Studi Kasus Pada Pabrik Tahu Di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang)

MUHAMMAD RIZKY DIMAS SYACH PUTRA, 12103183049 (2022) PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGAWASAN LIMBAH PABRIK TAHU PERSPEKTIF PERDA NOMOR 8 TAHUN 2017 DAN SIYASAH SYARIAH (Studi Kasus Pada Pabrik Tahu Di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (497kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Abstrak MUHAMMAD RIZKY DIMAS SYACH PUTRA, 12103183049, Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengawasan Limbah Pabrik Tahu Perspektif Perda Nomor 8 Tahun 2017 Dan Siyasah Syar’iah ( Studi Kasus Pada Pabrik Tahu di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang). Skripsi. Program Studi Hukum Tata Negara, Jurusan Syar’iah Fakultas Syar’iah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing. Ahmadi Abdul Shomad F.N, M.H. Kata Kunci: Pengawasan Limbah Pabrik, Pemerintah Daerah, Perda Nomor 8 Tahun 2017, Siyasah Syar’iah Studi ini berlokasikan di daerah Jombang tepatnya di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang yang memliki tujuan untuk mengetahui pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang tentang usaha industry yang masih membuang limbah cair ke sungai. Kurangnya kesadaran dari masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan hidup. Rumusan Masalah yang diajukan pada studi ini yaitu:1) Bagaimana tugas dan wewenang pemerintah daerah terhadap pengawasan limbah pabrik tahu di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang? 2) Bagaimana tugas dan wewenang pemerintah daerah terhadap pengawasan limbah pabrik tahu di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang Perspektif Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 8 Tahun 2017? 3) Bagaimana tugas dan wewenang pemerintah daerah terhadap pengawasan limbah pabrik tahu di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang Perspektif Siyasah syariah? Penelitian ini termasuk dalam penelitian hukum empiris. Data dikumpulkan dengan melalui studi pustaka dan wawancara kemudian diolah menjadi bentuk suatu deskripsi analisis. Analisis ini dilakukan dengan berdasarkan pendekatan perundang- undangan, Peraturan Daerah Kabupaten Jombang, hasil studi dapat dinilai bahwa kurangnya kepedulian masyarakat khususnya warga desa Sumbermulyo terhadap lingkungan sekitarnya, kurangnya pengawasan secara terarur oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang, serta masih kurang tanggapannya dalam aparat penegak hukum yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Jombang. Kesimpulan dari studi masalah ini yaitu: 1) pengawasan yang selama ini dilakukan oleh pengawas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang belum maksimal dalam melakukan pengawasan atau tindakan. Belum ada jadwal pengawasan secara teratur yang di buat untuk sistem pengawasan, 2) pemerintah seharusnya lebih tanggap dan tegas karena apabila terus dibiarkan maka akan menjadi dampak yang buruk bagi lingkungan hidup yang ada di Kabupaten Jombang dan tidak sesuai dengan perda nomor 8 tahun 2017 tentang pengawasan, 3) Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang tidak melaksanakan amanah sesuai dengan surat An-Nisa ayat 58-5, dan jika suatu hal yang memiliki dampak negatife bagi seluruh masyarakat harus segera di benarkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103183049 MUHAMMAD RIZKY DIMAS SYACH PUTRA
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:00
Last Modified: 10 Aug 2022 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29253

Actions (login required)

View Item View Item