KHUSNA, BINTI ULFI (2015) PENERAPAN METODE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS IV MIN KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
SAMPUL.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Think Pair and Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas IV MIN Kolomayan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Binti Ulfi Khusna, NIM. 3217113017, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci: Metode Think Pair And Share (TPS), Hasil Belajar SKI Penelitian ini dilatar-belakangi oleh kondisi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN Kolomayan cenderung membuat peserta didik jenuh karena metode yang digunakan seperti menghafal, mencatat, dan ceramah, peserta didik cenderung pasif, guru kurang melibatkan peserta didik sehingga hasil belajar masih relatif rendah. Menyikapi permasalahan tersebut penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang membantu keaktifan peserta didik yaitu dengan penerapan metode think pair and share. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode think pair and share pada mata pelajaran SKI pokok bahasan hijrah ke Habsyah peserta didik kelas IV MIN Kolomayan Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar SKI pokok bahasan Hijrah ke Habsyah pada peserta didik kelas IV MIN Kolomayan Wonodadi Blitar dengan penggunaan metode think pair and share? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode think pair and share pada mata pelajaran SKI pokok bahasan hijrah ke Habsyah peserta didik kelas IV MIN Kolomayan Wonodadi Blitar (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV MIN Kolomayan Wonodadi Blitar setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode think pair and share pada mata pelajaran SKI pokok bahasan hijrah ke Habsyah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanan (planing), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain: tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, angket dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar SKI peserta didik kelas IV MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. Sedangkan metode observasi, wawancara, angket dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran SKI, respon dan keadaan peserta didik. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menerapkan metode think pair and share, hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran SKI pokok bahasan hijrah ke Habsyah. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 48,33 dengan prosentase ketuntasan 11,11%, siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 66,11 dengan prosentase ketuntasan 55,55% yang berada pada kriteria cukup baik. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 85,88 dengan presentase ketuntasan 88,24% dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 19,77. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode think pair and share dapat meningkatkan hasil belajar SKI peserta didik kelas IV MIN Kolomayan Wonodadi Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | BINTI ULFI KHUSNA |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 06:31 |
Last Modified: | 07 Dec 2015 06:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2929 |
Actions (login required)
View Item |