Representasi Proses Berpikir Matematik Siswa Materi Volume Kubus Dan Balok Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Di Kelas V MI Gumelar Gandusari Trenggalek Tahun Ajaran 2013/2014. Jurusan Pendidikan Matematika (PMT). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). IAIN Tulungagung

Zahro’il, Batul, Lailatu Intiha (2014) Representasi Proses Berpikir Matematik Siswa Materi Volume Kubus Dan Balok Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Di Kelas V MI Gumelar Gandusari Trenggalek Tahun Ajaran 2013/2014. Jurusan Pendidikan Matematika (PMT). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). IAIN Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
3 BAB 1-5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 Cover Luar Skripsi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Bagian Awal Skripsi.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Daftar Rujukan.pdf

Download (201kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Proses Berpikir, Taksonomi Bloom Revisi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas bahwasanya matematika mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir serta adanya tuntutan bagi para pengelola pendidikan untuk menyusun program pengajaran yang memungkinkan siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikirnya. Hal ini mendorong peneliti untuk melihat apakah proses pembelajaran matematika yang dilakukan dilembaga-lembaga pendidikan sudah mampu menghasilkan output yang sesuai dengan harapan, yaitu mampu menciptakan generasi-generasi muda yang mimiliki kemampuan berpikir tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana representasi proses berpikir matematik siswa kelas V MI Gumelar Gandusari Trenggalek dalam menyelesaikan soal-soal terkait dengan volume kubus dan balok? (2) Bagaimana tingkat kemampuan berpikir matematik siswa kelas V MI Gumelar Gandusari Trenggalek mengenai materi volume kubus dan balok?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi proses berpikir matematik siswa kelas V MI Gumelar Gandusari Trenggalek dalam menyelesaikan soal-soal terkait dengan volume kubus dan balok dan mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir matematik siswa kelas V MI Gumelar Gandusari Trenggalek mengenai materi volume kubus dan balok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) melihat latar subjek, (2) menyiapkan soal-soal tes tertulis dan wawancara, (3) mengadakan tes tertulis, (4) mengoreksi hasil tes tertulis, (5) mengadakan wawancara, (6) menganalisis dan mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir matematik siswa kelas V MI Gumelar Gandusari Trenggalek berdasarkan taksonomi Bloom revisi, (7) melakukan pembahasan terhadap data dan temuan penelitian, dan (8) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi proses berpikir matematik siswa kelas V MI Gumelar Gandusari Trenggalek mengenai materi volume kubus dan balok berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada 3 tahap tertentu adalah sebagai berikut: (1) Mengingat (remember): (siswa dapat mengenali bentuk bangun ruang yang disajikan, siswa dapat mengingat kembali cara mencari volume balok dengan menggunakan kubus satuan); (2) memahami (understanding): (siswa dapat mengklasifikasikan jenis bangun ruang yang disajikan, siswa dapat menentukan rumus yang akan digunakan untuk xv menghitung volume bangun tersebut, siswa dapat menjelaskan cara mencari volume bangun ruang yang disajikan dan menentukan hasilnya); (3) mengaplikasikan (applying): (siswa dapat memahami permasalahan terkait volume balok dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat mengimplementasikan pemahaman yang diperoleh pada materi volume balok terhadap permasalahan yang diberikan, siswa dapat mengubah satuan dalam liter, siswa dapat menyimpulkan hasil yang diperoleh dalam perhitungan). Adapun tingkat kemampuan berpikir matematik siswa kelas V MI Gumelar Gandusari Trenggalek mengenai materi volume kubus dan balok berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi berada pada 3 tahap tertentu, yaitu mengingat (remember) sebanyak 3 siswa atau 37.5 %, memahami (understanding) sebanyak 2 siswa atau 25 %, mengaplikasikan (applying) sebanyak 3 siswa atau 37.5 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2014 02:54
Last Modified: 03 Dec 2014 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item View Item