PENYELESAIAN KONFLIK HUKUM PENGALIHAN HUTANG NASABAH DARI BANK KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jombang Ploso)

MEGA SUKMA NINGRUM, 12101173042 (2022) PENYELESAIAN KONFLIK HUKUM PENGALIHAN HUTANG NASABAH DARI BANK KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jombang Ploso). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Perbankan syariah dalam menjalankan kegiatannya harus mengikuti prinsip syariah, namun adakalanya bank syariah menerima proses pengalihan hutang dari bank konvensional, dimana bank syariah dan bank konvensional mempunyai perbedaan mendasar dalam menjalankan aktivitasnya dan juga mempunyai dasar hukum masing-masing, sehingga dalam proses pengalihan hutang dapat menimbulkan konflik hukum antar kedua bank tersebut. Rumusan masalah dalam skripsi adalah: (1) Bagaimana penyelesaian konflik hukum pengalihan hutang nasabah dari bank konvensional ke bank syariah di PT Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jombang Ploso? (2) Bagaimana penyelesaian konflik hukum pengalihan hutang nasabah dari bank konvensional ke bank syariah di PT Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jombang Ploso ditinjau dari perspektif hukum Islam? Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui penyelesaian konflik hukum pengalihan hutang nasabah dari bank konvensional ke bank syariah di PT Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jombang Ploso. (2) Untuk menganalisis penyelesaian konflik hukum pengalihan hutang nasabah dari bank konvensional ke bank syariah di PT Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jombang Ploso ditinjau dari perspektif hukum Islam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris. Sumber data penelitian ini dengan menggunakan 3 metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penyelesaian konflik hukum dalam pengalihan hutang nasabah dari bank konvensional ke bank syariah di PT Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jombang Ploso dilakukan dengan menggunakan alternatif akad yang ada dalam regulasi perbankan syariah yaitu Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) dan juga dari Fatwa DSN MUI, yaitu akad qard dan murabahah. (2) Penyelesaian konflik hukum yang terjadi dalam pengalihan hutang nasabah dari bank konvensional ke bank syariah di PT Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jombang Ploso sesuai hukum Islam karena akad yang digunakan dapat menghindarkan para pihak dari riba.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101173042 MEGA SUKMA NINGRUM
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:35
Last Modified: 12 Aug 2022 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29388

Actions (login required)

View Item View Item