STUDI FENOMENOLOGI TENTANG PENYESUAIAN DIRI GURU KELAS REGULER DI KELAS INKLUSI TK ROUDLOYUL HIKMAH JOMBANG

GAUNG KARISMA MEGA AYENSIO, 12308183115 (2022) STUDI FENOMENOLOGI TENTANG PENYESUAIAN DIRI GURU KELAS REGULER DI KELAS INKLUSI TK ROUDLOYUL HIKMAH JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
STUDI FENOMENOLOGI TENTANG PENYESUAIAN DIRI GURU KELAS REGULER DI KELAS INKLUSI TK ROUDLOTUL HIKMAH JOMBANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses penyesuaian diri yang di alami oleh guru kelas regular dengan gelar PGSD (pendidikan guru sekolah dasar) yang di alih tugaskan untuk mengajar kelas inklusi di Sekolah TK Inklusi Roudlotul Hikmah Jombang. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah dua orang dengan karakteristik guru reguler yang tidak berlatar belakang PLB (pendidikan luar biasa), berperan sebagai guru ABK di Sekolah TK Inklusi Roudlotul Hikmah Jombang. Adapun tantangan yang harus dihadapi, garis besarnya tantangan yang akan di hadapi ada dua yaitu akademik dan sosial. Metode yang di pilih dalam penelitian kualitatif ini adalah penelitian fenomenologi dengan teknik analisis IPA (Interpretative Phenomenological Analysis). Dari hasil teknik analisis IPA, peneliti mendapati bahwasanya kedua partisipan mengalami hambatan pada proses penyesuaian diri. Akan tetapi dalam menghadapi hambatan tersebut kedua partisipan telah menyiapkan strategi untuk mengatasi hambatan tersebut, yang membuat kedua partisipan dapat menghadapi hambatan yang di alami dengan baik dan efisien.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi klinis
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308183115 Gaung Karisma Mega Ayensio
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:08
Last Modified: 03 Jan 2023 06:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29420

Actions (login required)

View Item View Item