KAMILA IKHDA NUZULIR ROHMAH, 12212183020 (1999) PENGEMBANGAN DAN EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SUTOJAYAN KELAS XI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan dan Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri I Sutojayan Pada Materi Kesetimbangan Kimia” ini ditulis oleh Kamila Ikhda Nuzulir Rohmah, NIM. 12212183020, pembimbing Mike Rahayu, S.Pd.,M.Sc. Kata kunci : Motivasi belajar, media pembelajaran berbasis android, kesetimbangan kimia. Materi kesetimbangan kimia merupakan salah satu materi yang dianggap sulit dan bersifat abstrak bagi siswa. Banyak siswa kurang antusias dan kurang motivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis android mulai banyak dikembangkan dalam berbagai mata pelajaran karena mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android pada materi kesetimbangan kimia, (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis android dan (3) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 66 siswa SMA Negeri I Sutojayan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan rancangan yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Teknik pengambilan data menggunakan angket motivasi belajar, dokumentasi dan wawancara. Penilaian kelayakan media pembelajaran berbasis android dilakukan oleh dua orang dosen kimia dan dua orang guru kimia. Pengaruh penggunaan media terhadap motivasi belajar dilakukan dengan membandingkan nilai motivasi belajar siswa menggunakan pembelajaran berbasis android dan menggunakan buku di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi dan media menunjukkan rata-rata persentase sebesar 84,8% dan 84,7% dengan kriteria sangat layak. Respon siswa menunjukkan rata-rata persentase sebesar 81,78% dengan kriteria sangat baik. Pembelajaran menggunakan aplikasi android (kelas eksperimen) mengalami peningkatan motivasi belajar sebelum pembelajaran sebesar 77,82 menjadi 86,48 kategori tinggi dengan kriteria baik. Selain itu, uji independent sample T test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas kontrol menggunakan media pembelajaran buku dengan kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran berbasis android. Hasil uji N-gain kelas eksperimen adalah sebesar 0,61 termasuk dalam kategori sedang. Terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa dan nilai N-gain siswa SMA Negeri I Sutojayan kelas XI pada materi kesetimbangan kimia.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | SKRIPSI 12212183020 KAMILA IKHDA NUZULIR ROHMAH |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 03:54 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 03:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29478 |
Actions (login required)
View Item |