KEBIJAKAN PRESIDEN TENTANG ASIMILASI NARAPIDANA SELAMA MASA PANDEMI TERHADAP KETERTIBAN UMUM (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tulungagung)

NISA HALIMA TUSA’DIYAH, 12103173089 (2022) KEBIJAKAN PRESIDEN TENTANG ASIMILASI NARAPIDANA SELAMA MASA PANDEMI TERHADAP KETERTIBAN UMUM (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

Nisa Halima Tusa’diyah, 1210313089, Kebijakan Presiden Tentang Asimilasi Bagi Narapidana Selama Masa Pandemi Terhadap Ketertiban Umum (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tulungagung). Jurusan Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2021, Pembimbing: Ladin, S.H.I., M.H, Kata Kunci: Kebijakan Presiden, Covid-19, Asimilasi Narapidana, Ketertiban Umum Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya kasus covid-19 yang mulai masuk ke negara Indonesia pada tahun 2020. Seperti yang telah kita ketahui bahwasanya covid-19 ini berasal dari negara Cina lalu tersebar hingga ke Indonesia. Virus yang ditularkan oleh negara Cina ini membawa dampak yang cukup besar bagi negara Indonesia antara lain yaitu adanya program pemerintah yang diharuskan untuk beraktifitas di dalam rumah, menjaga jarak, dan juga adanya pemberian program asimilasi bagi para narapidana guna untuk mengurangi penyebaran virus covid-19 ini. Pemberian asimilasi ini dilakukan pada semua Lembaga Permasyarakatan dengan persetujuan bapak Presiden kita yaitu Bapak Jokowidodo. Lapas kelas II B Tulungagung adalah salah satu contoh dari semua Lembaga Permasyarakatan yang narapidananya mendapatkan asimilasi akibat adanya wabah virus ini. Di dalam masa pemberian asimilasi ini ada beberapa narapidana lapas kelas II B Tulungagung yang kedapatan memanfaatkan pemberian asimilasi ini untuk tujuan lain. Rumusan masalah: 1) Bagaimana kebijakan Presiden tentang asimilasi narapidana selama masa pandemi terhadap ketertiban umum di Lapas kelas II B Tulungagung secara umum? 2) Bagaimana dampak penerapan asimilasi narapidana selama masa pandemi di Lapas kelas II B Tulungagung? 3) Bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap kebijakan Presiden terkait asimilasi narapidana selama pandemi? Di dalam suatu penelitian tidak mungkin apabila tidak memiliki tujuan, tujuan dari penelitian ini ialah 1) Untuk menganalisis kebijakan presiden tentang asimilasi narapidana selama masa pandemi terhadap ketertiban umum yang diakukan oleh Lapas kelas II B Tulungagung secara umum. 2) Untuk menganalisis dampak yang terjadi akibat penerapan asimilasi narapidana selama masa pandemi di Lapas kelas II B Tulungagung. 3) Untuk menganalisis penerapan asimilasi narapidana selama masa pandemi ditinjau dari fiqh siyasah di Lapas kelas II B Tulungagung. Didalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dan juga menggunakan metode penelitian lapangan. Disini peneliti menggunakan teknik metode penelitian lapangan dengan cara mewawancarai narasumber dan juga orangorang yang bersangkutan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan suatu data, peneliti menggunakan perpanjangan keabsahan data, triagulasi dan juga pendiskusian hasil penelitian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: S1 12103173089 NISA HALIMA TUSA’DIYAH
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:28
Last Modified: 15 Aug 2022 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29485

Actions (login required)

View Item View Item