TUANASMAH TOHDENG, 12210183150 (2022) IMPLEMENTASI GAME BASED LEARNING DALAM PENGAJARAN BERBICARA KELAS X DI MA AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (882kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (151kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (72kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tohdeng, Tuanasmah 2022 Implementasi Game Based Learning dalam Pengajaran Berbicara Kelas X di MA Al Ma’arif Tulungagung. Skripsi Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembingbing Prof. Dr. Mohamad Jazeri, S. Ag., M. Pd. Kata Kunci: Implementasi, Game Based Learning, Berbicara Permasalahan dalam penelitian ini terletak pada kemampuan bicara dan aktivitas belajar siswa yang pasif. Mereka masih belum memiliki aktivitas belajar yang baik. Sehingga perlu adanya media dan model dalam proses pembelajaran pengajaran berbicara. Maka game merupakan media dan model pengajaran yang bisa digunakan dalam proses belajar untuk mengatasi aktivitas siswa yang pasif dalam pengajaran berbicara di dalam kelas. Game yang dimaksud merupakan game yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran di dalam kelas yang disebut game based learning atau game edukasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbicara dengan menggunakan permainan Game Based Learning di MA AL Ma’arif Tulungagung?; 2) bagaimana hasil penggunaan permainan Game Based Learning dalam pengajaran berbicara di MA AL Ma’arif Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbicara dengan menggunakan permainan Game Based Learning di MA Al Ma’arif Tulungagung, mendeskripsikan hasil penggunaan permainan Game Based Learning dalam pengajaran berbicara di MA Al-Ma’arif Tulungagung Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Implementasi Game Based Learning dalam pengajaran berbicara kelas X meliputi tiga langkah yaitu a) perencanaan pemakain Game Based Learning, b) pelaksanaan pemakain Game Based Learning, dan c) Tindakan lanjut pemakaian Game Based Learning. Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam Implementasi Game Based Learning dalam pengajaran berbicara kelas X telah dilaksanakan secara keseluruhan dengan baik. 2) Hasil Implementasi Game Based Learning dalam pengajaran berbicara kelas X dapat disimpulkan bahwa siswa merasa pembelajaran yang menyenangkan. Siswa mendapat hasil yang meningkat dan diatas KKM mencapai rata – rata sebesar 84. Kemudian hasil analisis Aktifitas siswa pun juga sejalan dengan hasil belajar, yaitu aktivitas siswa menyimak 79%, Aktivitas ketetapan pelafalan 87%, aktivitas ketetapan intonasi 91% aktivitas siswa kelancaran 70% dan aktivitas siswa mental 90%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183150 TUANASMAH TOHDENG |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 04:41 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 04:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29486 |
Actions (login required)
View Item |