STRATEGI USAHA HOME INDUSTRI GIPSUM DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN KERAJINAN CELENGAN DI GALERI 13 DESA SUMBERDADAP KECAMATAN PUCANGLABAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

RISKO PRASETYO, 12402183297 (2022) STRATEGI USAHA HOME INDUSTRI GIPSUM DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN KERAJINAN CELENGAN DI GALERI 13 DESA SUMBERDADAP KECAMATAN PUCANGLABAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (737kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Usaha Home Industri Gipsum dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kerajinan Celengan di Galeri 13 Desa Sumberdadap Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Risko Prasetyo, NIM.12402183297, pembimbing Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah penurunan volume penjualan yang dialami oleh Galeri 13 karena proses pemasarannya yang masih minim strategi dengan hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut “Gethok Tular” oleh sebab itu dibutuhkan adanya perbaikan strategi pemasarannya. Dalam hal ini Galeri 13 memakai strategi bauran pemasaran 7P dalam rangka meningkatkan volume penjualannya. Tujuan dari peneltian ini yaitu (1) Menganalisa dan mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran atau marketing mix dalam rangka meningkatkan volume penjualan kerajinan celengan di Galeri 13 Desa Sumberdadap Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung,(2) Menganalisa dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi bauran pemasaran atau marketing mix untuk meningkatkan volume penjualan kerajinan celengan di Galeri 13 Desa Sumberdadap Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan Strategi Bauran Pemasaran di Galeri 13 sebagai berikut a) produk , celengan mempunyai bermacam karakter dan variasi ukuran. 2) Harga , di jual dengan harga harga yang terjangkau, 3) promosi, berupa periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, metode strategi informasi dari mulut ke mulut atau “gethok tular”. 4) Tempat, saluran distribusi intensif, memiliki banyak penyalur dan membuka stand atau bazar. 5) Strategi orang, memberikan pelatihan, 6) Proses, bisa pesan produk custom, 7) tampilan fisik, memiliki desain karakter buatan sendiri. (2) Faktor pendukung, 1) produk tersedia berbagai karakter ataupun ukuran, 2) harga, harga jual produk terjangkau, 3) promosi, menggunakan media sosial, 4) tempat, lokasi strategis, 5) Orang, SDM yang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya serta memiliki jiwa tanggungjawab yang tinggi, 6) proses, pelayanan berupa pengiriman mandiri tanpa melalui perantara, 7) tampilan fisik, memiliki desain yang menarik dan lucu. (3)Faktor penghambat strategi bauran pemasaran, 1) produk, alat masih manual, 2) harga, adanya diskriminasi harga, 3) promosi, media sosial belum terkelola secara profesional, 4) tempat, lokasi produksi tidak dalam satu area, 5) Orang, mayoritas karyawannya mempunyai dua pekerjaan, 6) proses, barang sering rusak di jalan ketika memakai jasa pengiriman, 7) tampilan fisik, belum memiliki toko tetap. Kata Kunci : Strategi, Bauran Pemasaran, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: RISKO PRASETYO
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:28
Last Modified: 16 Aug 2022 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29529

Actions (login required)

View Item View Item