IMPLEMENTASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN PARIWISATA DALAM PERSPEKTIF HALAL TOURISM (STUDI DI KAWASAN WISATA KABUPATEN TULUNGAGUNG)

IQBAL FIQRI, 128502203008 (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN PARIWISATA DALAM PERSPEKTIF HALAL TOURISM (STUDI DI KAWASAN WISATA KABUPATEN TULUNGAGUNG). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul IMPLEMENTASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN PARIWISATA DALAM PERSPEKTIF HALAL TOURISM (STUDI DI KAWASAN WISATA KABUPATEN TULUNGAGUNG ditulis oleh Iqbal Fiqri dengan pembimbing (I) Prof. Dr. Ngainun Naim, M.H.I dan Pembimbing (II) Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Kata Kunci: Bauran Pemasaran (marketing mix), Halal Tourism Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi rujukan destinasi wisata oleh para wisatawan dalam maupun luar negeri. Banyak objek wisata yang memiliki keindahan yang mempesona dan memiliki kebudayaan yang indah. Hal ini karena Indonesia memiliki kekayaan, keragaman dan potensi alam yang dapat digunakan dan diandalkan untuk menaikkan perekonomian Indonesia, Baik bagi Negara maupun masyarakat di sekitar lokasi pariwisata. Kabupaten Tulungagung adalah salah satu wilayah yang memiliki destinasi wisata yang banyak. Untuk meningkatkan parawisatawan datang ke Kabupaten Tulungagung maka perlu adanya strategi pemasaran yang diterapkan. Salah satunya adalah strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang bertujuan untuk meningkatakan kedatangan jumlah pengunjung wisata. Selanjutan bauran pemasaran pada destinasi wisata dukabupaten tulungagung akan dianalisa dalam perspektif halal toursm. Pertanya dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi strategi bauran pemasaran pada kawasan wisata kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana strategi bauran pemasaran pada kawasan wisata kabupaten Tulungagung ditinjau dari perspektif halal toursm? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis (phenomenological approach) dan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik membaca seluruh data, pengkodean, saling menghubungkan tema atau diskripsi, dan menginterpretasi makna tema atau diskripsi dilanjutkan dengan analisis perspektif halal toursm. Sedangakan cara pengecekan keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas, dependenbilitas, transfarbilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi bauran pemasaran (markekting mix) pada kawasan wisata di Kabupaten Tulungagung meliputi : Pertama, menyuguhkan destinasi wisata yang dimiliki oleh kabupaten Tulungagung. Kedua, harga tiket yang sesuai dengan perda dan atau yang harga yang merupakan hasil rapat dg pemerintah desa. Ketiga, melalui media sosial, pemberian informasi pada event-event baik yang dilaksanakan oleh daerah, luar daerah, provinsi, maupun event rutin yang dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah, bahkan sampai event yang dilaksanakan di lua rnegeri. Strategi khusus yang diterapkan juga mengimplementasikan Sapta Pesona. (2) Bila ditinjau dari persfektif halal toursm dapat didiskripsikan empat hasil analisis, pertama, Destinasi dan product yang disajuikan di Kawasan wisata kabupaten Tulungagung telah sesuai dengan nilai dan prinsip halal toursm. Kedua, harga tiket yang ditetapkan perda, merupakan hasil rapat dg pemerintah desa dan dengan nilai dan prinsip halal toursm. Ketiga, promosi melalui media sosial, pemberian informasi pada event-event baik yang dilaksanakan oleh daerah, luar daerah, provinsi, maupun event rutin yang dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah, bahkan sampai event yang dilaksanakan di lua negeripun dengan nilai dan prinsip halal toursm. Strategi khusus yang diterapkan juga mengimplementasikan Sapta Pesona yang berkesesuaian dengan dengan nilai dan prinsip halal toursm.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 128502203008 IQBAL FIQRI
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:04
Last Modified: 18 Aug 2022 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29654

Actions (login required)

View Item View Item