MASRINA ALFIA SAFITRI, 12209183050 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI MATERI KEHIDUPAN MANUSIA INDONESIA PADA MASA PRAAKSARA KELAS VII MTSN 4 KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (813kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (242kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (206kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Materi Kehidupan Manusia Indonesia Pada Masa Praaksara” disusun oleh mahasiswa bernama Masrina Alfia Safitri dengan NIM. 12209183050 dibimbing oleh Bapak Dosen Hendra Pratama, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran dan Animasi. Penelitian ini dilatar belakangi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi kehidupan manusia indonesia pada masa praaksara yang dalam pembahasannya memerlukan pengembangan untuk mempermudah belajar peserta didik. Berdasarkan observasi hasil pengamatan kegiatan belajar mengajar dikelas ditemukan sebuah permasalahan yaitu siswa cenderung tidak memperhatikan, ramai sendiri bahkan ada yang tidur ketika guru menyampaikan materi tersebut. Berdasarkan hal tersebut peneliti membuat trobosan baru sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di indonesia, yaitu pengembangan media pembelajaran animasi. Media pembelajaran animasi akan mempermudah peserta didik dalam proses belajar dan memahami materi dengan tema sejarah yang dianggap sulit dipahami karena mereka bukanlah subjek dan pelaku masa tersebut merupakan masa yang sudah lampau. Rumusan masalah pada penulisan skripsi ini terdiri dari (1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran animasi materi kehidupan manusia indonesia pada masa praaksara? (2) Bagaimana dampak dari media pembelajaran animasi materi kehidupan manusia indonesia pada masa praaksara?. Penelitian ini ditujukan untuk pengembangan media pembelajaran animasi materi kehidupan manusia Indonesia pada masa praaksara untuk meningkatkan motivasi belajar. Pengembangan dengan menggunakan teknik pengolahan data primer kelas VII yang disertai dengan observasi dan tes terhadap peserta didik serta data skunder dari hasil validator yang terdiri dari ahli media, ahli materi dan guru mata pelajaran IPS. Jumlah seluruh populasi penelitian kelas VII sebanyak 250 peserta didik, dengan menggunakan teknik penentuan sempel purposive sampling diperoleh hasil sempel sebanyak 33 peserta didik kelas VII. Analisis data menggunakan skala linkert dari masing-masing validator ahli media, ahli materi, guru IPS dan peserta didik. Hasil validasi dari validator ahli media mendapatkan hasil sebesar 82,4% dari keseluruhan kuesioner dan telah dinyatakan valid. Hasil validasi dari validator ahli materi mendapatkan hasil 80,7% dari keseluruhan kuesioner dan telah dinyatakan valid. Hasil validasi dari validator guru IPS mendapatkan hasil 80,6% dari keseluruhan kuesioner dan telah dinyatakan valid, sedangkan hasil uji validasi dari validator peserta didik menunjukkan nilai ketuntasan 4 kriteria dan bernilai 84,8% maka dari itu dapat dianggap tuntas dan valid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam Ilmu Pengetahuan Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S.Pd. 12209183050 MASRINA ALFIA SAFITRI |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 03:38 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 03:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29684 |
Actions (login required)
View Item |