PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH DI MASA PANDEMI COVID-19

SYIFUSSHUDUUR, 12308183003 and NI PUTU RIZKY ARNANI, 2026058701 (2022) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH DI MASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH DI MASA PANDEMI COVID-19.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia berdampak pada berbagai bidang kehidupan. Sektor Pendidikan menjadi salah satu bidang yang terpengaruh pandemi Covid-19 dan mengalami transisi metode belajar mengajar dengan diberlakukannya sistem pembelajaran secara daring. Sistem pembelajaran dari rumah telah berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama yang dapat memicu munculnya rasa bosan dan jenuh atau disebut sebagai burnout. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengaruh dukungan sosial terhadap academic burnout pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah di masa pandemi Covid-19. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 363 mahasiswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampling insidental. Peneliti menggunakan metode kuantitatif kausal-komparatif dengan teknik pengolahan data analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan terhadap academic burnout sebesar 17,8%. Kata kunci: Dukungan sosial, Academic burnout, Pandemi Covid-19

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308183003 Syifausshuduur
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:01
Last Modified: 22 Aug 2022 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29704

Actions (login required)

View Item View Item