EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X MA BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR

ULFINA, 12210173022 (2021) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X MA BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Media Video Animasi pada Pembelajaran Menulis Cerita Anekdot Siswa Kelas X MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar” ditulis oleh Ulfina, NIM. 12210173022, dengan bimbingan Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata kunci: efektivitas, keterampilan menulis anekdot, media video animasi Hasil belajar merupakan tolok ukur keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa pada periode tertentu selama masa pembelajaran. Pembelajaran akan dianggap tercapai apabila siswa memperoleh nilai yang baik. Seorang guru harus mampu menciptakan kegiatan belajar yang lebih bervariasi, maka dari itu pemberian sebuah metode atau media dalam pembelajaran akan membantu ke arah yang semakin baik. Jenis penelitian pada skripsi ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan, yaitu design Pre-Test-Post-Test Control Group dengan melibatkan dua kelompok sebagai subjek penelitian di MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIK 2 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 38 siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian menngunakan instrumen berupa tes tulis yaitu untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis cerita anekdot. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 23.0 for windows yaitu uji statistic parametrik dengan Uji Paired Sample T-Test dan Uji Independent Sample T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eskperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai kelas kontrol. Diketahui bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen N-gain score 67% sedangkan pada kelas kontrol 40,9% sehingga terdapat perbedaan 26,1% antara keduanya. Berdasarkan hasil analisis Uji Paired Sample T-Test dan Uji Independent Sample T-Test menghasilkan Ho ditolak, dengan begitu Ha diterima yang mengemukakan bahwa media video animasi efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita anekdot siswa kelas X MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173022 ULFINA
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:32
Last Modified: 22 Aug 2022 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29714

Actions (login required)

View Item View Item