HESTIANA ROAZAH, 12212183092 (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Materi Hidrokarbon untuk Siswa Kelas XI SMA/MA” ini ditulis oleh Hestiana Roazah, NIM. 12212183092, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Articulate Storyline, Hidrokarbon Minat siswa kelas XI terhadap pembelajaran dengan menggunakan komputer sangat tinggi akan tetapi guru belum pernah menerapkan pembelajaran berbantuan IT pada materi kimia. Pendidikan di era revolusi industri 4.0 menuntut pemanfaatan IT dalam proses pembelajaran. Materi hidrokarbon memiliki banyak varian nama yang masih terdengar asing bagi siswa. Siswa juga kesulitan dalam menentukan rantai utama. Multimedia interaktif dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan diarahkan untuk berpikir kreatif. Peneliti mengembangkan multimedia interaktif untuk memudahkan siswa dalam mempelajari kimia khususnya pada materi hidrokarbon. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana pengembangan interaktif berbasis articulate storyline pada materi hidrokarbon, (2) Mengetahui tingkat validitas multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada materi hidrokarbon, dan (3) Mengetahui hasil respon siswa terhadap multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada materi hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif. Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilaksanakan di MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar dengan subjek penelitian siswa kelas IX IPA berjumlah 20 siswa. Data awal diperoleh dari hasil wawancara guru kimia dan angket analisis kebutuhan siswa. Data validasi diperoleh dari hasil angket validasi, dan angket respon siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk keperluan evaluasi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Multimedia interaktif berbasis articulate storyline berhasil dikembangkan. (2) Tingkat validitas berdasarkan hasil validasi oleh ahli media, menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 81,0%, hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 92,5%, hasil validasi oleh guru kimia, menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 96,0%. (3) Respon siswa terhadap multimedia interaktif yang dikembangkan menunjukkan persentase sebesar 80,0% dengan kategori baik. Setelah dilakukan perbandingan dan analisis maka dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada materi hidrokarbon dinyatakan sangat valid untuk diterapkan pada siswa kelas XI SMA/MA.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | S1 12212183092 HESTIANA ROAZAH |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 07:48 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 07:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29766 |
Actions (login required)
View Item |