STRATEGI PENGEMBANGAN HUTAN LINDUNG UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN HIDUP MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Kasus Di Desa Sumberbendo Kecamatan Pucanglaban)

TITIK NUR WIDYAWATI, 17402163113 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN HUTAN LINDUNG UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN HIDUP MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Kasus Di Desa Sumberbendo Kecamatan Pucanglaban). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Hutan Lindung Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Masyarakat Dalam Perspektif Good Corporate Governance (Studi Kasus Di Desa Sumberbendo Kecamatan Pucanglaban)” ditulis oleh Titik Nur Widyawati, NIM. 17402163113, Pembimbing Jusuf Bachtiar, S.S, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya tingkat pendidikan dan tingginya kemiskinan mempengaruhi pemanfaatan hutan. Maka dari itu memerlukan partisipasi dan masyarakat sekitar kawasan hutan untuk pengamanan dan penyelamatan hutan tersebut guna konservasi alam sekaligus meningkatkan kesejahteraan ekonomi penduduk yang selama ini lemah karena kurangnya akses terhadap sumberdaya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pengembangan hutan lindung untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di Desa Sumberbendo Kecamatan Pucanglaban. (2) Bagaimana strategi pengembangan hutan lindung untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di Desa Sumberbendo Kecamatan Pucanglaban dalam Perspektif Good Corporate Governance. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitian ini di Desa Sumberbendo Kecamatan Pucanglaban. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Perum perhutani memiliki beberapa ketentuan untuk menjalankan strategi supaya berjalan efektif yaitu Rencana jangka panjang, rencana kerja tahunan perusahaan, rencana pengaturan kelestarian hutan, renacan teknik tahunan, rencana kerja anggaran perusahaan, prosedur dan pedoman kerja. Serta mempertimbangkan aspek hukum, asas kepatutan dan rasa keadilan. (2) Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Perum Perhutani melakukan diiringi dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, mengontrol dan mengevaluasi dan juga menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK/IT dan dinamika sosial. Perum Perhutani juga mempertimbangkan aspek hukum serta rasa keadilan. Kata Kunci: Strategi, Kesejahteraan Masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kinerja
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 17402163113 TITIK NUR WIDYAWATI
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:28
Last Modified: 25 Aug 2022 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29771

Actions (login required)

View Item View Item