PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISE DALAM MENANGKAL PAHAM EKSTREMISME AGAMA PADA USIA PELAJAR (Studi Multisitus di IPNU-IPPNU PAC Sendang dan IPNU-IPPNU PAC Kauman)

LYANA YESY KHOIRUNNISA PUSMITAWATI, 12506184024 (2022) PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISE DALAM MENANGKAL PAHAM EKSTREMISME AGAMA PADA USIA PELAJAR (Studi Multisitus di IPNU-IPPNU PAC Sendang dan IPNU-IPPNU PAC Kauman). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembentukan Sikap Nasionalisme dalam Menangkal Paham Ekstremisme Agama pada Usia Pelajar (Studi Multisitus IPNU-IPPNU PAC Sendang dan IPNU-IPPNU PAC Kauman” ini ditulis oleh Lyana Yesy Khoirunnisa Pusmitawati, dengan Pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag dan Dr. Ahmad Zainal Abidin, M.A. Kata Kunci : Nasionalisme, Ekstremisme Agama, IPNU-IPPNU Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang muncul akhir-akhir ini yang menunjukkan bahwa ada sebagian umat Islam tidak memahami nilai-nilai moderat Islam dengan benar. Mereka tidak mengakui pluralitas, tidak menghargai kemajemukan yang tumbuh dalam masyarakat. Munculnya berbagai kelompok teroris yang mengklaim sebagai representasi umat. Kelompok ini juga mulai merekrut generasi muda bangsa. Melihat fenomena ini, IPNU-IPPNU yang merupakan salah satu organisasi Islam yang menaungi generasi muda ikut andil dalam menghalau paham gerakan ini. Dengan berupaya membentuk sikap nasionalisme, IPNU-IPPNU berharap dapat membendung ajaran-ajaran Islam yang radikal maupun ekstrem. Sehingaa generasi muda tidak terjerumus ke ajaran yang salah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apa nilai-nilai yang diinternalisasikan IPNU-IPPNU PAC Sendang dan IPNU-IPPNU PAC Kauman dalam pembentukan sikap nasionalisme dalam menangkal paham ekstremisme agama ?, (2) Bagaimana pembentukan nilai cinta tanah air dalam menangkal paham ekstremisme agama di IPNU-IPPNU PAC Sendang dan IPNU-IPPNU PAC Kauman? (3) Bagaimana pembentukan nilai kemanusiaan dalam menangkal paham ekstremisme agama di IPNU-IPPNU PAC Sendang dan IPNU-IPPNU PAC Kauman? Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa : (1) Nilai-nilai nasionalisme yang diinternalisasikan dalam pembentukan sikap nasionalisme dalam menangkal paham ekstremisme agama di usia pelajar adalah religius, toleransi, kerjasama/gotongroyong, kedisiplinan, tanggungjawab, peduli sosial, bangga menjadi bangsa Indonesia, nilai persatuan & kesatuan, nilai kemanusiaan, nilai tanggungjawab, nilai disiplin, nilai rela berkorban, dan nilai kebangsaan yang berwawasan ahlussunnah wal jamaah atau aswaja, (2) Pembentukan nilai cinta tanah air dalam menangkal paham ekstremisme agama adalah memakai baju batik setiap ada kegiatan, mewajibkan menyanyi lagu Indonesia Raya, menyanyikan Mars Subhanul Wathon (Cinta Tanah Air), mengikuti kegiatan pawai, malam tirakat, nobar film perjuangan, mengadakan lomba, dan mengikuti kirab santri. Sedangkan program yang sifatnya nasionalisme adalah program pengkaderan, program MAKESTA, dan LAKMUD. (3) Pembentukan nilai kemanusiaan dalam menangkal paham ekstremisme agama adalah kegiatan bakti sosial, berpartisipasi dalam kerjabakti, penggalangan dana, koin NU, donor darah, dan IPNU-IPPNU Educare.xii

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143215 LYANA YESY KHOIRUNNISA PUSMITA WATI
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:01
Last Modified: 23 Aug 2022 02:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29810

Actions (login required)

View Item View Item