PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI KELAS VIII DI MTsN 2 TRENGGALEK

LUTFI DIAH ANGGRAENI, 12211183022 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI KELAS VIII DI MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (719kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (453kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (311kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperratif Teams Game Tournaments (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi Kelas VIII di MTsN 2 Trenggalek” yang ditulis oleh Lutfi Diah Anggraeni. NIM. 12211183022. Program Studi Tadris Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.Si. M.Sc. Kata Kunci : Teams Game Tournaments, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala dalam proses belajar siswa di dalam kelas, dimana siswa merasa jenuh dengan sistem pembelajaran yang monoton, membosankan dan guru hanya memberikan tugas mandiri keada peserta didik. Hal ini menyebabkan peserta didik menjadi kurang aktif dan 50% hasil penilaian belajar siswa pada semester 1 berada dibawah standar KKM. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi, keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Jadi Teams Game Tournament (TGT) dipilih oleh peneliti sebagai model pembelajaran yang sesuai untuk masalah pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Pengaruh model pembelajaran koomperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi “Getaran, Gelombang dan Bunyi”; 2) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar pada materi “Getaran, Gelombang dan Bunyi”; 3) pengaruh penggunaan model pembelajaran koomperatif Teams Game Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi “Getaran, Gelombang dan Bunyi”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment dengan Non-equivalent Control Grup sebagai desain dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII B dan C MTsN 2 Trenggalek. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B sebagai kontrol grup dan seluruh siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar kuesioner. Analisis data yang digunakan ada tiga jenis, yaitu; 1) Uji Instrument (uji validitas dan uji reliabilitas), 2) Uji Prasyarat (Uji normalitasn dan Uji Homogenitas), dan 3) Uji Hipotesis (Uji T-tes dan Uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan; 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar peserta didik di MTsN 2 Trenggalek berdasarkan perhitunggan uji T-Test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000, 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar peserta didik di MTsN 2 Trenggalek berdasarkan perhitungan uji T-test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000, 3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT)terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik di MTsN 2 Trenggalek berdasarkan perhitungan uji T-test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183022 LUTFI DIAH ANGGRAENI
Date Deposited: 24 Aug 2022 01:59
Last Modified: 24 Aug 2022 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29835

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item