PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN BERBASIS SYARIAH UMKM SONGKOK BATIK DI DESA PENGANGSALANKECAMATAN KALITENGAH KABUPATEN LAMONGAN

FIRMAN SETYO NOVANTO, 12405183267 (2022) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN BERBASIS SYARIAH UMKM SONGKOK BATIK DI DESA PENGANGSALANKECAMATAN KALITENGAH KABUPATEN LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Media Sosial dalam Meningkatan Penjualan Berbasis Syariah UMKM Songkok Batik di Desa Pengangsalan Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh maraknya pembelian online pada era perkembangan teknologi saat ini, media sosial sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat modern. Dari tahun ke tahun pengguna media sosial akan selalu bertambah. Dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan media sosial membuka peluang yang besar bagi pengusaha untuk memanfaatkanya guna memperluas jangkauan pemasaran usaha yang telah dimilki. Permasalahan yang yang dirumuskan oleh peneliti yaitu: (1) Bagaimana pemanfaatan media sosial dalam peningkatan penjualan berbasis syariah pada songkok dalam UMKM Songkok Batik di desa Pengangsalan kecamatan Kalitengah kabupaten Lamongan? (2) Bagaimana Hambatan pemasaran media sosial dalam peningkatan penjualan berbasis syariah pada UMKM Songkok Batik di desa Pengangsalan kecamatan Kalitengah kabupaten Lamongan? (3) Bagaimana solusi pemanfaatan media sosial dalam pemasaran terhadap peningkatan penjualan di UMKM Songkok Batik di desa Pengangsalan kecamatan Kalitengah kabupaten Lamongan? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memfokuskan kajian pada Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Berbasis Syariah pada UMKM Songkok Batik di Desa Pengangsalan. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini: (1) Pemanfaatan Media Sosial dalam peningkatan penjualan berbasis syariah yang dilakukan pihak UMKM songkok batik Desa Pengangsalan Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan mencakup sarana pemasaran, pemetaan kebutuhan pasar, dan sarana promosi. (2) Hambatan pemanfaatan media sosial dalam peningkatan penjualan melalui media sosial UMKM songkok batik meliputi kurangnya ketelitian dari pihak UMKM maupun pembeli. (3) Solusi pemanfaatan media sosial dalam peningkatan penjualan melalui media sosial UMKM songkok batik yaitu ketelitian dan kehati-hatian pihak penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi pembelian melalui pemanfaatan media sosial, selanjutnya pihak UMKM lebih selektif lagi dalam menjalin kerja sama dengan pihak ekpedisi agar tidak terjadi kerugian. Kata Kunci: Peran Media Sosial,UMKM, Songkok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Firman Setyo
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:38
Last Modified: 24 Aug 2022 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29854

Actions (login required)

View Item View Item