EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ARSITEKTUR MASJID AL-FATTAH TULUNGAGUNG UNTUK MENGUNGKAP NILAI FILOSOFI DAN KONSEP MATEMATIKA PADA BIDANG GEOMETRI

NORLIN ZURIATMY, 12204183015 (2022) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ARSITEKTUR MASJID AL-FATTAH TULUNGAGUNG UNTUK MENGUNGKAP NILAI FILOSOFI DAN KONSEP MATEMATIKA PADA BIDANG GEOMETRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Eksplorasi Etnomatematika Pada Arsitektur Masjid ALFATTAH Tulungagung Untuk Mengungkap Nilai Filosofi dan Konsep Matematika pada Bidang Geometri” ini ditulis oleh Norlin Zuriatmy, NIM. 12204183015. Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd Kata-kata kunci: Etnomatematika, Matematika, Masjid, Geometri Pembelajaran matematika di sekolah yang cenderung terlalu formal sehingga menjadikan peserta didik merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran matematika. Untuk itu perlu siswa dikenalkan dengan matematika di luar sekolah yang terdapat hubungannya dengan matematika sekolah. Salah satu cara memperkenalkan peserta didik dengan matematika luar sekolah dengan menggunakan pendekatan etnomatematika sebagai awal dari pengajaran matematika yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan cara eksplorasi etnomatematika pada arsitektur Masjid AL-FATTAH Tulungagung untuk mengungkap nilai filosofi dan konsep matematika pada bidang geometri (2) Mendeskripsikan konsep matematika pada bidang geometri apa saja yang terdapat pada Masjid AL-FATTAH Tulungagung (3) Mendeskripsikan nilai filosofi yang terkandung pada arsitektur Masjid AL-FATTAH Tulungagung Penelitian ini menggunakan jenis penelitian etnografi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Arsitektur Masjid AL-FATTAH berperan sebagai media atau objek pada pembelajaran matematika geometri karena pada arsitektur Masjid AL-FATTAH terdapat konsep matematika bidang geometri dan juga dapat mengungkap nilai filosofi yang terdapat pada Masjid ALFATTAH (2) Terdapat konsep matematika geometri pada bangunan Masjid ALFATTAH seperti menara dan lift berbentuk balok, kaki menara berbentuk kubus dan atap menara berbentuk persegi empat (3) Masjid AL-FATTAH Tulungagung ini juga memiliki nilai filosofi yang terkandung pada arsitektur nya yaitu terdapat pada atap masjid yang memiliki makna keislaman yakni orang yang sedang bersujud. Bentuk arsitektur atap Masjid memiliki tiga bagian yaitu Kepala. Badan dan Kaki. Kepala terdapat dibagian ujung barat sebagai ruang imam, badan di bagian tengah sebagai jamaah salat, dan kaki di bagian depan atau ujung timur sebagai pintu utama masjid tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Etnomatematika
Matematika > Geometri
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183015 Norlin Zuriatmy
Date Deposited: 24 Aug 2022 07:58
Last Modified: 24 Aug 2022 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29868

Actions (login required)

View Item View Item