IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

ARIEF RACHMAN HABI PRATAMA, 1220118347 (2022) IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (708kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul ―Implementasi Moderasi Beragama Di Smk Islam 1 Durenan Trenggalek‖ ini ditulis oleh Arief Rachman Habi Pratama, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh H Abdullah Chakim, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Implementasi , Moderasi Bergama Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena radikalisme pada kalangan remaja. Meskipun hal tersebut belum ditemui di sekolah ini, akan tetapi masih adanya pendidik yang berpaham radikalisme, konten pembelajaran yang mengandung intoleransi, pengaruh kuat dari alumni intra maupun ekstrakurikurikuler yang berpaham intoleran. Terakhir merambahnya intoleransi ke lingkungan Pendidikan karena kurang kuatnya kebijakan kepala sekolah dalam mengantisipasi masuknya paham-paham tersebut. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk memahami kondisi yang diciptakan oleh SMK Islam 1 Durenan dalam menanamkan sikap moderasi beragama pada peserta didik. 2) Untuk memahami penanaman sikap moderasi beragama pada peserta didik di SMK Islam 1 Durenan. 3) Untuk memahami dampak penerapan sikap moderasi beragama pada peserta didik di SMK Islam 1 Durenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis data deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dengan alur reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil : 1) Kondisi yang diciptakan oleh SMK Islam 1 Durenan dalam menanamkan sikap moderasi beragama pada peserta didik melalui Pertama, Implementasi kurikulum sebagai pondasi awal dalam menerapkan nilai-nilai moderasi beragama dengan gagasan penanaman karakter pada peserta didik, Kedua, Menyediakan fasilitas seperti tempat ibadah, menyediakan laboratorium computer, multimedia, ruang shoting sebagai bentuk kepedulian sekolah dalam menyelengarakan sekolah yang berbasis industry seperti SMK, ketiga, tujuh focus yang menjadi titik sentral untuk menciptakan kondisi dalam aspek lingkungan sekolah yaitu Keadaan lingkungan sekolah yaitu Partisipasi masyarakat, Kondisi Pembelajaran di kelas, guru Sebagai innovator di kelas, Mengaktualisasi sikap, warga sekolah ikut berpartisipasi, Peraturan tata tertib/mendisiplinkan siswa. 2) Penanaman sikap moderasi beragama pada peserta didik di SMK Islam 1 Durenan meliputi pertama, moderasi beragama dalam hal kebangsaan di SMK Islam 1 Durenan adalam melalui kegiatan upacara, ekstra pramuka, dan Kegiatan social (pembagian daging qurban). Kedua, Penanaman sikap toleransi di sekolah ini lebih bagaiamana peserta didik untuk diarahkan toleransi kepada waktu, menghargai apa yang sudah menjadi progam sekolah, karena progam sekolah sendiri tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas ibadah dari peserta didik sendiri. Ketiga, Penanaman anti kekerasan di SMK Islam1 Durenan adalah memalui progam gerakan sekolah menyenangkan (GSM), dimana kegiatan tersebut digaungkan sekolah atas maraknya terjadi kekerasan seperti pembulyan, sikap radikal dikalangan remaja. Keempat, Penanaman melalui kebudayaan lokal pada moderasi beragama adalah melalui kegiatan kegiatan internal budaya SMK Islam 1 Durenan, kegiatan eksternal peserta didik seperti melibatkan peserta didik dalam memperingati hari santri dan pendidikan budaya di masyarakat sekitar Desa Durenan. 3) Dampak penerapan sikap moderasi beragama pada peserta didik di SMK Islam 1 Durenan adalah pertama, dalam hal kebangsaan para peserta didik memiliki perubahan dari segi pola pikir dimana seperti tumbuhnya nasionalis dalam diri siswa seperti mentaati tata tertib, bahkan ketika saat para guru berkeliling untuk mengecek tingkat disiplin siswa, tidak ditemukan siswa melanggar peraturan dari sekolah seperti tidak lengkap seragamnya, siswa dengan rambut panjang. Kedua, dari sisi toleransi hal yang menonjol dari perubahannnya adalah dari pola pemikiran, akibat dari dari polah pikir mereka yang bertambah keadaan tersebut membuat siswa mampu memahami perbedaan, menerima pendapat orang lain dan peduli lingkungan dan meningkatnya kualitas ibadah. Ketiga, tumbuhnya kepedulian social. Keempat, Mampu menghafalkan tahlil dan dapat mengukir prestasi dalam bidang sholawat sebagai salah satu warisan motode dakwah dari para ulama‘ terdahulu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183478 ARIEF RACHMAN HABI PRATAMA
Date Deposited: 24 Aug 2022 07:50
Last Modified: 24 Aug 2022 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29899

Actions (login required)

View Item View Item