PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUKATIF BALOK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG

FEBRIANA KURNIAWATI, 12206183056 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUKATIF BALOK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Febriana Kurniawati. 12206183056. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Edukatif Balok Terhadap Perkembangan Kognitif Berpikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al-Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Ibu Errifa Susilo, M.Pd Kata Kunci : Media Edukatif Balok, Kemampuan Kognitif Berpikir Logis TK Al Khodijah merupakan lembaga sekolah yang menerapkan penggunaan media edukatif balok sebagai salah satu media untuk memberikan stimulus pada perkembangan kognitif anak. Pemberian stimulus terhadap aspek perkembangan kognitif yang berfokus pada kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun sudah tepat. Maka perlunya mengetahui ada tidaknya pengaruh pada pengunaan media edukatif balok terhadap perkembangan kognitif berpikir logis anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah pengaruh penggunaan media edukatif balok terhadap perkembangan kognitif berpikir logis pada anak usia 4-5 tahun di TK Al-Khodijah Kedungsoko?” dan “Seberapa besar pengaruh penggunaan media edukatif balo terhadap perkembangan kognitif berpikir logis pada anak usia 4-5 tahun?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media edukatif balok terhadap perkembangan kognitif berpikir logis anak usia 4-5 tahun juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan dari media tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah tipe Quasi Ekperimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah usia 4-5 tahun yang melibatkan kelompok A1 dan A2. Metode pengumpulan data menggunakan pretest-posttest dengan alat penilaian skala pencapaian perkembangan anak melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan uji prasyarat dengan alat bantu Software SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum nilai mean, median, modus, standar deviasi, nilai minimum dan nilai maksimum pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Hasil analisis Uji Independent Sample T Test menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) = 0,000. Nilai signifikansi (0,00<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dalam penggunaan media edukatif balok terhadap perkembangan kognitif berpikir logis anak usisa 4-5 tahun. Sedangkan besar pengaruh yang diperoleh pada uji Effect Size menunjukkan pengaruh sebesar 0,51 yang tergolong dalam kriteria interpretasi yang memiliki pengaruh besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183056 Febriana Kurniawati
Date Deposited: 24 Aug 2022 07:30
Last Modified: 24 Aug 2022 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29910

Actions (login required)

View Item View Item