PROFIL SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BERBASIS IT PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMPN 2 NGUNUT TULUNGAGUNG

sutanto wasis prasetyo, 3214113160 (2015) PROFIL SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BERBASIS IT PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMPN 2 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Profil Scaffolding Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berbasis IT Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMPN 2 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Sutanto Wasis Prasetyo, NIM. 3214113160 Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Sutopo, M.Pd, NIP. 19780509 200801 012 Kata Kunci : Profil Scaffolding, Masalah, Geometri Berbasis IT Fenomena belajar saat ini, siswa mengalami berbagai macam kesulitan dalam menyelesaikan masalah geometri khususnya pada materi bangun datar pokok bahasan segitiga. Kesulitan yang beragam menimbulkan masalah yang terus membayangi siswa. Penerapan metode belajar yang sering kali dilakukan oleh guru masih kurang mampu mendongkrak semangat belajar siswa. Selain itu, jumlah siswa disetiap sekolah yang semakin bertambah menimbulkan pemahamn siswa dalam belajar matematika kurang mendalam. Sehingga anggapan siswa mengenai pelajaran matematika yang menakutkan semakin terasa. Secara individu, ketelitian siswa dalam menyelesaikan masalah geometri juga masih kurang baik. Scaffolding mampu mengatasi kesulitan siswa yang beragam tersebut, khususnya pada materi bangun datar segitiga. Didukung dengan menggunakan IT yang sesuai akan menambah pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah geometri Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui kesulitan siswa kelas VII K SMPN 2 Ngunut Tulungagung dalam menyelesaikan masalah geometri berbasis IT pada materi bangun datar segitiga. 2) Mendeskripsikan profil scaffolding dalam menyelesaikan masalah geometri berbasis IT pada materi bangun datar siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data serta mengamati. Sehingga dalam memperoleh data yang selengkap-lengkapnya peneliti mengadakan hubungan secara langsung dengan dunia yang diteliti, bekerjasama dengan guru dan siswa yang terlibat dalam penelitian. Dalam proses pengumpulan data peneliti mengunakan wawancara dengan beberapa orang yang terlibat dalam penelitian. Seperti siswa kelas VII K SMPN 2 Ngunut Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Setelah dilakukan tes oleh peneliti, dapat diketahui bahwa: 1) Bentuk kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah geometri dikelas VII K SMPN 2 Ngunut Tulungagung adalah pada kurang memahami konsep dasar bangun datar dan keterampilan (skill) pengoperasian aljabar. 2) Pemberian scaffolding pada keempat subjek penelitian disesuaikan dengan kesulitan yang dihadapi siswa. Scaffolding tersebut diberikan secara individu pada masing-masing subjek penelitian dengan berbantuan IT. Scaffolding dalam menyelesaikan masalah gemometri berbasis IT pada materi bangun datar pokok bahasan segitiga Dalam bentuk (Explaining, Reviewing, Restructuring, dan Developing conceptual thinking) Explaining, yakni memfokuskan perhatian pada soal yang diberikan dengan membacakan ulang soal dan memberi penekanan pada kalimat yang memberikan informasi penting dapat dilaksanakan dengan baik. Reviewing, yakni meminta/ mengajak siswa untuk membaca soal kembali dan memintanya untuk mengungkapkan informasi apa saja yang dia dapat. Restructuring, yakni melakukan tanya jawab untuk mengarahkan siswa ke jawaban yang benar. Developing conceptual thinking, yakni mengarahkan siswa untuk menghubungkan yang diketahui pada soal dengan jawaban yang diperoleh siswa dapat dilaksanakan dengan baik. Scaffolding dapat memberikan solusi pada siswa kelas VII K SMPN 2 Ngunut Tulungagung dalam menyelesaikan masalah geometri berbasis IT khususnya segitiga dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: sutanto wasis prasetyo
Date Deposited: 16 Dec 2015 03:25
Last Modified: 16 Dec 2015 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2994

Actions (login required)

View Item View Item