PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADIIN KEBONAGUNG WONODADI BLITAR

ERINA AYU NENY, 3217113030 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADIIN KEBONAGUNG WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
sampul.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
isi.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran cooperative, Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas V MI hidayatul Mubatdiin Kebonagung Wonodadi Blitar ini ditulis oleh Erina Ayu Neny, NIM. 3217113030, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperative tipe Student Team Achievement Division Stad, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah, yang Hasil belajar siswa masih relatif rendah.Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division .Penggunaan student team achievement division dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar Bahasa Arab, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division pada mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan فِى المَدْرَسَةِ siswa kelas V di MI Hidayatul Mubtadiin Kebonagung Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Apakah peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan فِى المَدْرَسَةِ V di MI Hidayatul Mubtadiin Kebonagung Wonodadi BlitarTahun Ajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada mata pelajaran bahasa arab pokok bahasan فِى المَدْرَسَةِ pada siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin kebonagung wonodadi blitar tahun ajaran 2014/2015 (2) Untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab pokok bahasan فِى المَدْرَسَةِ siswa kelas V melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin kebonagung wonodadi blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.tes di gunakan untuk memeperoleh data tentang hasil belajar bahasa arab siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Kebonagung wonodadi blitar. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan di gunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Bahasa Arab, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievment division (STAD) melalui langkah kegiatan awal, inti dan penutup dapat meningkatkan Hasil belajar Bahasa Arab. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus IIyaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 70,78 (47,36%) yang berada pada kriteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 86,52 (100%) . berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah di uaraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievment division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab kelas V di MI Hidayatul Mubtadiin Kebonagung Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 3217113030 ERINA AYU NENY
Date Deposited: 16 Dec 2015 04:34
Last Modified: 16 Dec 2015 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item View Item