LASKAR HIZBULLAH JOMBANG 1942-1945 : STRATEGI PERJUANGAN DI BAWAH 3 ULAMA PENDIRI NAHDLATUL ULAMA

ARIFATUR ROHMA, 12307183045 and HENDRA AFIYANTO, 198811112019031011 (2022) LASKAR HIZBULLAH JOMBANG 1942-1945 : STRATEGI PERJUANGAN DI BAWAH 3 ULAMA PENDIRI NAHDLATUL ULAMA. [ Skripsi ]

[img] Text
Laskar Hizbullah Jombang 1942-1945 Startegi Perjuangan Di Bawah 3 Ulama Pendiri Nahdlatul Ulama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Strategi Laskar Hizbullah Jombang di bawah 3 ulama pendiri Nahdlatul Ulama yang meliputi, bentuk pendidikan dan tujuannya, masuknya Laskar Hizbullah Jombang dalam pergerakan nasional serta konflik kepentingannya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah, yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi dengan pendekatan sosio-historis. Adapun dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik studi kepustakaan dan wawancara. Hasil temuan dalam penelitian ini yang pertama adalah, bentuk pendidikan dan pelatihan Laskar Hizbullah Jombang meliputi pelatihan fisik (kemiliteran) serta pendidikan kerohanian (nasihat, gemblengan). Kedua, tujuan pendidikan dan pelatihan tersebut adalah untuk mempertahankan kemeredekaan serta mempersiapkan diri dalam menghadapi serdadu-serdadu Belanda-Inggris yang hendak menguasai Indonesia kembali. Ketiga, masuknya Laskar Hizbullah Jombang ke pergerakan nasional karena adanya kesadaran 4 orang santri terhadap tugasnya sebagai pemuda Islam Indonesia untuk mempertahankan bangsa dan agamanya. Keempat, pandangan mengenai situasi negara dalam keadaan genting, maka mereka harus membangun kekuatan untuk mempertahankan Indonesia dari genggaman bangsa lain. Keyword: Hizbullah; Jombang; Laskar; Nasional; Pergerakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: 12307183045 Arifatur Rohma
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:22
Last Modified: 29 Aug 2022 01:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30063

Actions (login required)

View Item View Item