ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA WARIS DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARI’AH (Studi Putusan Nomor: 812/Pdt. G/2020/ PA.Kab.Kdr.)

MUHAMMAD WILDAN MAHMUD SYAH, 12102173064 (2022) ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA WARIS DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARI’AH (Studi Putusan Nomor: 812/Pdt. G/2020/ PA.Kab.Kdr.). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Peristiwa kematian akan mengakibatkan munculnya problematika kewarisan dan menghendaki adanya ketentuan hukum mengenai kewarisan. Sengketa kewarisan yang terjadi di masyarakat umumnya bertumpu pada pembagian harta warisan karena ada ahli waris yang tidak mendapatkan haknya, atau ada sebagian ahli waris tanpa persetejuan ahli waris lainnya, Dengan demikian, proses penyelesaian waris dapat dilakukan melalui kekeluargaan maupun diajukan ke dalam Pengadilan Agama bagi orang yang beragama Islam. Demikian pula halnya dalam putusan perkara nomor 812/Pdt.G/2020/PA.Kab.Kdr. yang telah diputus oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Kabupaten Kediri. Fokus penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisa terkait adanya putusan perdamaian dalam sengketa waris yang kemudian dikaitkan dengan perspektif Maqashid Syari’ah. Terdapat adanya dua rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana pertimbangan hukum majelis hakim Pengadilan Agama Kabupaten Kediri dalam mengabulkan akta perdamaian sengketa waris terhadap putusan perkara Nomor 812/Pdt.G/2020/PA. Kab. Kdr.? 2) Bagaimana analisis putusan majelis hakim Pengadilan Agama Kabupaten Kediri terhadap perkara Nomor 812/Pdt.G/2020/PA.Kab.Kdr dalam penyelesaian sengketa waris menurut perspektif Maqhasid Syari’ah? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang jenis penelitian hukum normatif (normative legal reseach) dengan sifat penelitian deskriptif analitis. Teknik pengumpulan bahan hukum berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Teknik pengolahan bahan hukum berupa pemeriksaan bahan hukum, klarifikasi, analisis, serta kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa: 1) pertimbangan hukum majelis hakim Pengadilan Agama Kabupaten Kediri dalam mengabulkan akta perdamaian gugatan sengketa waris putusan Nomor 812/Pdt.G/2020/PA.Kab.Kdr. berlandaskan hukum pada Peraturan Mahkamah Agung Nomor 16 tentang prosedur mediasi di pengadilan. 2) putusan Majelis Hakim Pengadilan Agama Kabupaten Kediri guna menyelesaikan sengketa waris perkara nomor 812/Pdt.G/2020/PA.Kab.Kdr melalui pendekatan Al�Ishlah yaitu suatu aktifitas yang ingin membawa perubahan berasal keadaan yang buruk menjadi keadaan yang baik yaitu dengan cara perdamaian. Hikmah penyelesaian sengketa waris melalui perspektif Maqashid Syari’ah adalah dalam perlindungan keturunan (hifz al-nasl) dan perlindungan harta (hifz al-mal).

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102173064 MUHAMMAD WILDAN MAHMUD SYAH
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:48
Last Modified: 07 Sep 2022 08:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30118

Actions (login required)

View Item View Item