PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) TELLER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ANGGOTA DI KSPPS BMT PETA TULUNGAGUNG DAN KSPPS BMT ISTIQOMAH KARANGREJO TULUNGAGUNG

FANKA BIVIANA, 12401173047 (2022) PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) TELLER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ANGGOTA DI KSPPS BMT PETA TULUNGAGUNG DAN KSPPS BMT ISTIQOMAH KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Teller dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Anggota di KSPPS BMT Peta Tulungagung dan KSPPS BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Fanka Biviana NIM. 12401173047, Pembimbing: Hj. Amalia Nuril Hidayati, M.Sy. Penerapan SOP menurut peraturan pada lembaga keuangan merupakan bagian dari perlindungan dan pelayanan nasabah. Teller pada BMT memili tugas yang sangat penting dalam bertransaksi. Hal ini disebabkan karena bagian Teller merupakan bagian karyawan yang berhadapan langsung dengan nasabah. Oleh karena itu sangat penting untuk menerapkan SOP dengan baik agar dapat Meningkatkan Kualitas Pelayanan Anggota. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menjelaskan penerapan SOP Teller dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Anggota di KSPPS BMT Peta Tulungagung. (2) Mengetahui dan menjelaskan penerapan SOP Teller dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Anggota di KSPPS BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung. (3) Mengetahui dan menjelaskan kendala serta solusi penerapan Standar SOP Teller dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Anggota di KSPPS BMT Peta Tulungagung dan KSPPS BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung. (4) Mengetahui dan menjelaskan solusi menghadapi kendala penerapan Standar SOP Teller dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Anggota di KSPPS BMT Peta Tulungagung dan KSPPS BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case research). Sumber data yang peneliti lakukan termasuk sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Interview (wawancara) dengan manajer BMT, Teller, dan nasabah, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan SOP Teller dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Anggota di KSPPS BMT Peta Tulungagung yaitu a) opening atau pembuka, process atau pelayanan, Validiting atau validasi mengecek keabsahan data dan terakhir Closing pemutup transaksi. b) Upaya penerapan SOP Teller dengan menerapkan aturan dan tata tertib (2) Penerapan SOP Teller dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Anggota di KSPPS BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung yaitu a) Opening atau pembuka yaitu Teller memberikan sambutan hangat kepada nasabahb) Upaya penerapan SOP Teller dengan menerapkan aturan dan tata tertib pelayanan oleh Teller yaitu pelayanan yang ramah, melayani transaksi, berpakaian rapi, berjilbab, menutup aurat, tepat waktu, dan menjaga kerapian dan kebersihan. c) Upaya penerapan SOP Teller dengan dengan menjada etika pelayanan sesu (3) Hambatan atau kendala dalam upaya penerapan SOP Teller untuk meningkatkan kualitas pelayanan di KSPPS BMT Peta Tulungagung adalah a) Komplein dan keluhan dari nasabah, b) Jaringan internet / gangguan sistem transaksi, (4) Hambatan atau kendala KSPPS BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung berupa a) Teller kurang memahami permintaan nasabah, b) Jaringan internet, Kata kunci: Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP), Teller, Kendala, Solusi, Kualitas Pelayanan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173047 Fanka Biviana
Date Deposited: 01 Sep 2022 08:52
Last Modified: 01 Sep 2022 08:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30150

Actions (login required)

View Item View Item