PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM PENYALURAN DANA BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi kasus di BMT NU JOMBANG Cabang Mojoagung dan BMT NU JOMBANG Cabang Sumobito)

AKHMAD BAHRUDDIN, 12401183093 (2022) PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM PENYALURAN DANA BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi kasus di BMT NU JOMBANG Cabang Mojoagung dan BMT NU JOMBANG Cabang Sumobito). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (773kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Baitul Maal Wat Tamwil dalam Penyaluran Dana Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah” ini ditulis oleh Akhmad Bahruddin, NIM. 12401183093, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Ali Mauludi, AC., M.A. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia salah satunya adalah Baitul Maal Wat Tamwil serta keterbatasan usaha mikro kecil dan menengah dalam memperoleh modal guna untuk perkembangan usahanya. Oleh karena itu diperlukannya peran lembaga keuangan syariah khususnya Baitul Maal Wat Tamwil untuk mengembangkan dan memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peran BMT NU Jombang cabang Mojoagung dan cabang Sumobito sebagai kreditur dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah. (2) Untuk mengetahui peran BMT NU Jombang cabang Mojoagung dan cabang Sumobito sebagai konseptor dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah. (3) Untuk mengetahui peran BMT NU Jombang cabang Mojoagung dan cabang Sumobito sebagai fasilitator dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah. (4) Untuk mengetahui peran BMT NU Jombang cabang Mojoagung dan cabang Sumobito sebagai motivator dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah. Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan, dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang berfokus pada peran BMT dalam penyaluran dana bagi UMKM. Dengan lokasi penelitian pada BMT NU Jombang cabang Mojoagung dan BMT NU Jombang cabang Sumobito. Teknik pengumpulan data diperoleh dari obervasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya data diolah kemudian dianalisis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terkait peranBMT dalam penyarluran dana bagi UMKM diperoleh kesimpulan bahwa: (1) peran BMT NU Jomabang baik cabang Mojoagung mapupun Sumobito sebagai kreditur memiliki peran yang hampir sama, yakni menyediakan modal bagi UMKM dengan menggunakan produk pembiayaan. (2) peran BMT NU Jomabang baik cabang Mojoagung mapupun Sumobito sebagai konseptor, kedua BMT memiliki peran sebagai pemberi gagasan atau ide untuk UMKM guna kemajuan usahanya. (3) peran BMT NU Jomabang baik cabang Mojoagung mapupun Sumobito sebagai fasilitator, kedua pihak BMT berperan sebagai fasilitator dalam penyedia dana serta membatu dalam promosi usaha yang dijalankan oleh UMKM. (4) peran BMT NU Jomabang baik cabang Mojoagung mapupun Sumobito sebagai motivator, kedua BMT berperan sebagai motivator melalui pemberian motivasi, semangat serta arahan terhadap keberlangsungan usaha dari UMKM. Kata Kunci: Peran, BMT, Penyaluran Dana, UMKM, Kreditur, Konseptor, Fasilitator, Motivator.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Baitul Maal wat Tamwil
Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401183093 Akhmad Bahruddin
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:53
Last Modified: 06 Sep 2022 07:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30163

Actions (login required)

View Item View Item