IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multi Situs di SMPN 1 Trenggalek dan SMPN 1 Pogalan Trenggalek)

INGGAR AJENG FARIDA, 12506174032 (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multi Situs di SMPN 1 Trenggalek dan SMPN 1 Pogalan Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (937kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (851kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis yang berjudul “Implementasi Penilaian Autentik Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Multisitus di SMPN 1 Trenggalek dan SMPN 1 Pogalan Trenggalek)” ditulis oleh Inggar Ajeng Farida, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam (IAIN) Tulungagung. Dosen Pembimbing : Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd dan Prof. Dr. H. Maftukhin, M.Ag. Kata Kunci : Implementasi Penilaian Autentik, Proyek, Pembelajaran PAI Guru memiliki tugas yang cukup berat. Diantara banyak tugas guru, penilaianlah yang merupakan tugas paling sulit. Bagaimana tidak, tuntutan dari berbagai pihak mengharuskan guru melakukan penilaian yang tidak sesuai dengan kenyataan atau keadaan peserta didik. Diantaranya, sekolah selalu mentargetkan kepada seluruh siswa agar dapat lulus dalam proses penilaian, khususnya adalah Ujian Nasional (UN). Tuntutan inilah yang membuat guru untuk memberikan nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) bagi seluruh siswa. Padahal sebenarnya ada beberapa siswa yang belum mencapai kriteria tersebut. Hal ini dilakukan agar nilai raport siswa dapat membantu kelulusan mereka pada Ujian Nasional. Fokus penelitian ini adalah implementasi penilaian autentik berbasis proyek pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Trenggalek dan SMPN 1 Pogalan Trenggalek. Adapun pertanyaan-pertanyaan penelitiannya adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana tahap-tahap penilaian autentik berbasis proyek pada pembelajaran PAI? 2) Bagaimana proses penilaian autentik berbasis proyek pada pembelajaran PAI? 3) Bagaimana hasil penilaian autentik berbasis proyek pada pembelajaran PAI? Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah SMPN 1 Trenggalek dan SMPN 1 Pogalan Trenggalek. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Tahap-tahap penilaian autentik berbasis proyek adalah merumuskan indikator, menyesuaikan dengan materi pembelajaran, menyusun instrumen penilaian, penyusun perangkat pembelajaran. 2)Proses penilaian autentik berbasis proyek antara lain: perencanaan tugas proyek, penemuan data, pengumpulan data, pengawasan proyek, penyajian data/ informasi. 3) Hasil penilaian autentik berbasis proyek. Pertama, pada aspek penilaian sikap: siswa semakin berusaha disiplin, dan bertanggungjawab, Kedua, penilaian pada aspek pengetahuan: dapat menambah wawasan pengetahuan siswa, dapat menambah kemampuan berbahasa dan menulis siswa, menumbuhkan rasa ingin tahu siswa serta berani untuk mengemukakan pendapat. Ketiga, penilaian pada aspek keterampilan: siswa dapat mengembangkan kreativitas diri dengan tugas-tugas dari guru, siswa tidak merasa bosan pada pembelajaran PAI, siswa lebih mudah mengingat dan memahami materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174032 INGGAR AJENG FARIDA
Date Deposited: 23 Aug 2022 06:52
Last Modified: 23 Aug 2022 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30164

Actions (login required)

View Item View Item