ALFI NUR MADAYANA OKTAVIAN, 17205163039 (2022) PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
. . Abstrak ini berjudul “Pengaruh Lingkungan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MIN 3 Tulungagung.” Disusun oleh Alfi Nur Madayana Oktavian NIM: 17205163039, dari Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh bapak H. Muhammad Nurul Huda, S.P., MA Kata kunci: Pengaruh lingkungan, motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai beberapa permasalahan: Bagaimana lingkungan pendidikan siswa/siswi di MIN 3 Tulungagung, bagaimana motivasi belajar siswa/siswi di MIN 3 Tulungagung, dan bagaimana pengaruh lingkungan pendidikan terhadap motivasi belajar siswa/siswi di MIN 3 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan variabel bebas lingkungan pendidikan, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data lingkungan pendidikan dan motivasi belajar peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik menggunakan rumus regresi. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan pendidikan di MIN 3 Tulungagung berada dalam kategori “cukup”. Hal ini terlihat dari rata -rata lingkungan pendidikan di MIN 3 Tulungagung yaitu 61,5 yang berada pada interval 58-65 dengan jumlah 24 peserta didik. (2) Motivasi Belajar di MIN 3 Tulungagung berada dalam kategori “cukup”. Hal ini terlihat dari rata -rata motivasi belajar di MIN 3 Tulungagung yaitu 58,5 yang berada pada interval 5463 dengan jumlah 45 peserta didik. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel lingkungan pendidikan (X) terhadap motivasi belajar peserta didik (Y) sebesar 21,8%. Dibuktikan dengan persamaan = 31,393 + 0,438X dan hasil varian regresi F hitung 43,30. > F tabel 3,91 berarti signifikan sehingga hipotesis diterima. Setelah mengetahui hasil penelitian ini dan mengetahui adanya pengaruh lingkungan pendidikan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III MIN 3 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020, maka penulis menyarankan untuk memperlancar jalannya proses belajar mengajar di MIN 3 Tulungagung perlu adanya kerjasama diantara masyarakat, kepala sekolah, guru dan terutama siswa sebagai subjek belajar. Untuk meningkatkan kualitas hasil belajar hendaknya guru memberikan berbagai motivasi kepada siswa di dalam pembelajaran. Disarankan juga kepada para siswa dalam mengikuti pelajaran selalu memperhatikan keterangan yang diberikan oleh guru, juga mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam mengikuti pelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163039 ALFI NUR MADAYANA O. |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 08:18 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 08:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30165 |
Actions (login required)
View Item |