PENGARUH ATTRACTIVENESS, TRUSTWORTHINESS, DAN EXPERTISE YANG DIMILIKI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PRODUK WARDAH PADA MAHASISWI JURUSAN EKONOMI SYARIAH IAIN TULUNGAGUNG

LEDYSTA MAISARI, 17402163240 (2022) PENGARUH ATTRACTIVENESS, TRUSTWORTHINESS, DAN EXPERTISE YANG DIMILIKI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PRODUK WARDAH PADA MAHASISWI JURUSAN EKONOMI SYARIAH IAIN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (551kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (968kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (657kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Attractiveness, Trustworthiness, dan Expertise yang Dimiliki Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Wardah Pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Tulungagung” ini ditulis oleh Ledysta Maisari, NIM. 17402163240, pembimbing Dr. Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.S.I. Saat ini persaingan dunia bisnis terjadi dengan begitu ketat. Untuk itu perusahaan harus berfikir kreatif dalam melakukan pemasaran produknya. Salah satu yang banyak dipilih oleh perusahaan dalam hal pemasaran yaitu dengan menggunakan public figure untuk menyampaikan pesan dari produknya. Pemasaran dengan cara ini dikenal juga dengan celebrity endorser. Dalam mengiklankan suatu produk celebrity endorser harus memiliki attractiveness (daya tarik), trustworthiness, dan expertise. Karena tiga hal tersebut diyakini mampu memunculkan minat beli konsumen. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan attractiveness (daya tarik), trustworthiness, dan expertise yang dimiliki celebrity endorser, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh attractiveness, trustworthiness, dan expertise yang dimiliki celebrity endorser terhadap minat beli produk wardah pada mahasiswi jurusan Ekonomi Syariah IAIN Tulungagung. Objek penelitian ini merupakan produk kosmetik halal Indonesia yaitu Wardah. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Non Probability Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 105 responden yaitu mahasiswi jurusan Ekonomi Syariah IAIN Tulungagung yang pernah melakukan pembelian produk wardah. Tahap selanjutnya, data kuesioner dianalisis dengan regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,781 + 0,280 X1 + 0,214 X2 + 0,360 X3 + e Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel attractiveness yang dimiliki celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk wardah, sedangkan variabel trustworthiness yang dimiliki celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk wardah, dan variabel expertise yang dimiliki celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk wardah. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel attractiveness, trustworthiness, dan expertise yang dimiliki celebrity endorser berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat beli produk wardah. Angka Adjusted R Square sebesar 0,600 menunjukkan bahwa 60,0% minat beli konsumen dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 40,0% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kata Kunci: attractiveness, trustworthiness, expertise, dan minat beli.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163240 LEDYSTA MAISARI
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:06
Last Modified: 05 Sep 2022 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30180

Actions (login required)

View Item View Item