PERAN DAKWAH WAHIDIYAH PADA YOUTUBE (Analisis Konten dalam Perspektif Pengamal Sholawat Wahidiyah)

MOHAMMAD ABDU FANANI, 12305173059 (2021) PERAN DAKWAH WAHIDIYAH PADA YOUTUBE (Analisis Konten dalam Perspektif Pengamal Sholawat Wahidiyah). [ Skripsi ]

[img] Text
PERAN DAKWAH WAHIDIYAH PADA YOUTUBE (ANALISIS KONTEN DALAM PERSPEKTIF PENGAMAL SHOLAWAT WAHIDIYAH).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dakwah merupakan anjuran bagi setiap umat muslim yang mengajak manusia ke arah kebenaran dan menjauhi larangan-Nya. Dengan perkembangan teknologi dakwah menjadi dapat terlaksana dengan jaringan internet dan tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Salah satu aplikasi yang menyediakan tempat atau sebagai media dakwah adalah Youtube yang telah cukup populer digunakan oleh banyak Da’I baik dari kalangan ulama ataupun ustadz. Salah satu channel dakwah di Youtube adalah Wahidiyah Pusat yang berisi konten dakwah mengenai sholawat Wahidiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan youtube sebagai media penyampai dakwah dalam perspektif komentar pengamal sholawat Wahidiyah. Adapun perspektif penonton dipilih dikarenakan tolak ukur dari objek dakwah dapat menggambarkan keberhasilan dakwah dengan mudah terutama peranan media dakwah di dalamnya. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik analisa konten dengan dasar perspektif psikologi dakwah Ahmad Mubarok yang telah dikembangkan oleh Onong menjadi sebuah perspektif ilmu psikologi dakwah yang menitik beratkan tentang hubungan antara respon psikologi dan kognisi komunikan setelah menerima pesan atau stimulus dari komunikator. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi, dan data diperoleh dari komentar penonton dalam video yang terdapat pada channel Wahidiyah Pusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan youtube sebagai media dakwah adalah memberikan tempat audio-visual hingga terciptanya efek kognitif bagi objek dakwah, memberikan perluasan jangkauan objek dakwah melalui tagar dan rekomendasi, sebagai arsip offline, dan sebagai tempat tanya jawab antara pendakwah (komunikator) dan objek dakwah (komunikan). Strategi kesesuaian respon dan harapan komunikator (S-O-R) telah tercapai dengan menggunakan strategi monolog yakni ceramah, sholawat, dan pengajian, serta dialog yakni tanya jawab dalam siaran langsung serta diskusi dalam kolom komentar. Strategi tersebut ditujukan sebagai langkah awal membentuk persamaan psikologi objek dakwah agar membentuk psikologi Islami (mampu mengamalkan aqidah, akhlak, dan syariat) yang diharapkan oleh pendakwah. Kata Kunci: Youtube, Media Dakwah, Wahidiyah, Komentar Penonton.

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam > Iklan
Komunikasi Islam
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: S. Sos 12305173059 Mohammad Abdu Fanani
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:34
Last Modified: 05 Sep 2022 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30213

Actions (login required)

View Item View Item