KESALAHAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII MTSN 1 TULUNGAGUNG

MOHAMAD SUKMA WICAKSONO, 12204183140 (2022) KESALAHAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kesalahan Konseptual dan Prosedural dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Mohamad Sukma Wicaksono, NIM. 12204183140, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Kesalahan Konseptual, Kesalahan Prosedural, Aljabar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dilapangan bahwa terdapat banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika bentuk aljabar khususnya operasi hitung bentuk aljabar. Kesalahan yang dilakukan siswa sangat beragam, seperti kesalahan dalam merepresentasikan konsep ke dalam bentuk aljabar dan kesalahan pengoperasian. Kesalahan tersebut berkaitan dengan kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Hal itu terjadi karena kesulitan memahami konsep aljabar akan menimbulkan kesalahan konsep pada siswa, sehingga berdampak pada kesalahan prosedur dalam penyelesaian soal-soal matematika khususnya bentuk aljabar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kesalahan konseptual yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bentuk aljabar, (2) mendeskripsikan kesalahan prosedural yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dari penelitian adalah 6 siswa yang diambil dari kelas VII C MTsN 1 Tulungagung, yaitu 2 siswa dari kelompok nilai tinggi, 2 siswa dari kelompok nilai sedang, dan 2 siswa dari kelompok nilai rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk soal cerita dengan materi operasi hitung bentuk aljabar, wawancara, dan dokumentasi. Tahap selanjutnya yaitu analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesalahan konseptual yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal yaitu kesalahan tentang konsep variabel yang digunakan untuk membuat model matematika, kesalahan menyajikan konsep ke dalam representasi matematis pada soal operasi hitung aljabar, kesalahan menentukan atau menggunakan konsep dan prinsip dalam menyelesaikan soal, (2) kesalahan prosedural yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal yaitu siswa tidak menuliskan apa yang diketahui, ditanya, dan kesimpulan pada lembar jawaban, siswa tidak menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar, kesalahan mengoperasikan langkah- langkah dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183140 MOHAMAD SUKMA WICAKSONO
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:10
Last Modified: 06 Sep 2022 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30230

Actions (login required)

View Item View Item