FAMILY RESILIENCE PASANGAN DI BAWAH UMUR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek)

MIFTAHUL HUDA, 128509203006 (2022) FAMILY RESILIENCE PASANGAN DI BAWAH UMUR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (708kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)

Abstract

ABSTRAK Miftahul Huda, 128509203006, Family Resilience Pasangan di Bawah Umur Pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Kompilasi Hukum Islam (Studi Kasus di Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek), Program Magister Hukum Keluarga Islam, Pascasarjana, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.HI. dan Dr. Hj. Nur Fadhilah, M.H. Kata Kunci: Family Resilience, Di Bawah Umur, Covid-19, Kompilasi Hukum Islam Penelitian tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pernikahan di bawah umur. Dimana, dalam fenomena tersebut dilaksanakannya pernikahan meskipun usia dari salah satu calon pengantin belum mencukupi batas minimal usia dalam pernikahan. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini mengungkapkan bagaimana ketahanan pernikahan tersebut baik dari segi fisik maupun psikologi dan juga dianalisis dengan perspektif Kompilasi Hukum Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana family resilience pasangan di bawah umur pada masa pandemi covid-19 di Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaimana family resilience pasangan di bawah umur pada masa pandemi covid-19 di Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek dalam perspektif Kompilasi Hukum Islam? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode empiris (lapangan). Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ketahanan keluarga pasangan di bawah umur pada masa pandemi covid-19 yang ada di Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek terwujud dalam ketahanan fisik berupa terbebas dari penularan virus covid-19, penyakit kanker serviks, terbebas dari tindakan kekerasan fisik atau KDRT, dan dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga. (2) Ketahanan pasangan di bawah umur pada masa pandemi covid-19 dalam perspektif Kompilasi Hukum Islam menjelaskan bahwa berdasarkan hasil di lapangan, sudah terlaksana baik dari sisi hak suami istri maupun sisi kewajiban suami istri yang telah dijelaskan dalam BAB XII pasal 77 sampai dengan pasal 84 Kompilasi Hukum Islam.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 128509203006 MIFTAHUL HUDA
Date Deposited: 07 Sep 2022 00:53
Last Modified: 07 Sep 2022 00:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30242

Actions (login required)

View Item View Item