“OPTIMALISASI WAKAF TUNAI DAN WAKAF PRODUKTIF TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT” (Studi Kasus di Yayasan Universitas Islam Malang)

M. IMAM GHOZALI, 12508194011 (2022) “OPTIMALISASI WAKAF TUNAI DAN WAKAF PRODUKTIF TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT” (Studi Kasus di Yayasan Universitas Islam Malang). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Optimalisasi Wakaf Tunai dan Wakaf Produktif terhadap Pemberdayaan Ekonomi Umat (studi kasus di Yayasan Universitas Islam Malang)” ini di tulis oleh M. Imam Ghozali A.MQ.,S.E. dengan di bimbing oleh Dr. Hj. Nur Aini Latifah, S.E.,M.M. dan Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini di latarbelakangi oleh sebuah fenomena yang berkenaan dengan wakaf tunai dan wakaf produktif yang memiliki kekuatan besar dalam pemberdayaan ekonomi umat.walaupun begitu masih banyak masyarakat kita yang kurang faham terkait hal tersbut. Padahal jikalau wakaf tunai dan wakaf produktif ini bias berjalan dengan baik maka kemiskinan di Indonesia akan lebih mudah di atasi tergantung bagaimana nazir itu mengelola wakaf dan tergantung bagaimana pengoptimalannya. Dalam penelitian ini rumasan masalahnya yakni: (1) Bagaimana Upaya Optimalisasi Wakaf tunai dan wakaf produktif terhadap pemberdayaan ekonomi umatt? (2) Bagaimana tahapan pemberdayaan ekonomi Optimalisasi Wakaf tunai dan wakaf produktif, (3) Bagaimana dampak pemberdayaan ekonomi umat dalam Optimalisasi Wakaf tunai dan wakaf produktif, (4) Apa kendala dan solusi dalam optimalisasi wakaf tunai dan wakaf produktif terhadap pemberdayaan ekonomi umat?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang bersifat deskriftif eksploratif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis penelitian situs.analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat di sampaikan di sini bahwa : Pertama, lembaga menkankan fungsi dan system pemberdayaan wakaf tunai dan wakaf produktif dengan memperhatikan niali-nilai dalam wakaf itu sendiri. Kedua, tahapan-tahapan dalam pemberdayaan ekonomi wakaf tunai dan wakaf produktif yakni tahapan persiapan, Assesmen, Perencanaan kegiatan, formulasi, pelaksanaan, evaluasi, dan terminasi. Ke tiga, dampak pemberdayaan ekonomi umat melalui wakaf produktif yakni dapat mengentaskan kemiskinan, menghilangkan kebodohan, mengatasi kesenjangan social. Ke empat, kendala yang di hadapi yakni pemahaman masyarakat yang kurang, Sumber daya Manusia yang kurang memadai, dan Pengawasan. Kata Kunci: Optimalisasi, Pemberdayaan , Wakaf Tunai, Wakaf produktif.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12508194011 M. Imam Ghozali
Date Deposited: 15 Sep 2022 08:54
Last Modified: 15 Sep 2022 08:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30321

Actions (login required)

View Item View Item