DEVI NOVITASARI, 12401183252 (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN HIJRAH HAJI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA BANK MUAMALAT KCP NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN HIJRAH HAJI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA BANK MUAMALAT KCP NGANJUK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Riset ini bertujuan menganalisis tentang perencanaan, implementasi, evaluasi, dan rekomendasi strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pada Bank Muamalat KCP Nganjuk dimasa pandemi. Metode riset ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data primer dan sekunder dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil riset menyatakan bahwa perencanaan strategi pemasaran pada masa pandemi yaitu dengan menambah channel pemasaran dan berfokus pada promosi melalui digitalisasi. Pengimplementasian strategi yang paling efektif yaitu personal selling, selain itu Bank Muamalat juga melakukan promosi melalui direct selling, menyebarkan brosur dan media sosial. Strategi yang dilakukan sudah berjalan dengan baik, namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Solusi yang ditawarkan yaitu menambah channel pemasaran, menawarkan program pembiayaan multi guna haji atau membuka tabungan rencana haji. Rekomendasi strategi pemasaran yaitu bank harus bisa memanfaatkan peluang yang ada, meningkatkan promosinya baik melalui media sosial maupun jemput bola secara langsung, menjaga hubungan baik dengan pihak-pihak yang sudah bekerjasama. Kata Kunci : Strategi, Perencanaan, Implementasi, Evaluasi, Rekomendasi. ABSTRACT This study aims to show the effect of service quality, good corporate governance, and marketing strategy on customer loyalty at Bank Panin Dubai Syariah Malang regional office. The research data used is primary data in a questionnaire with quantitative methods. The sampling method used non-probability sampling with Roscoe theory and obtained 40 respondents. Data were analyzed by the multiple linear regression method using SPSS software. Prior to data analysis, validity, reliability, and classical assumptions were tested. The results showed that service quality, good corporate governance, and marketing strategy simultaneously affected customer loyalty. At the same time, partial service quality, good corporate governance, and marketing strategy have a positive and significant effect on customer loyalty. This research can complement existing theories and help Panin Dubai Syariah Bank Malang regional office improve service quality, governance, and marketing strategies to increase customer loyalty. Keywords: Service Quality, Good Corporate Governance, Marketing Strategy, Customer Loyalty.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 12401183252 Devi Novitasari |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 08:48 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 08:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30332 |
Actions (login required)
View Item |