HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR REMAJA DI UPT PSBR BLITAR ANGKATAN I TAHUN 2022

NADIA SHOVIYANA, 12306183060 (2022) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR REMAJA DI UPT PSBR BLITAR ANGKATAN I TAHUN 2022. [ Skripsi ]

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR REMAJA DI UPT PSBR BLITAR ANGKATAN I TAHUN 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara lingkungan dan disiplin belajar dengan hasil yang dilakukan pada remaja yang berada di UPT PSBR Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian korelasional yang menggunakan seluruh populasi dijadikan sampel karena jumlah populasinya kurang dari 100. Metode yang digunakan dalam menganalis data ini menggunakan korelasi product moment. Dari kesimpulan hasil yang telah diteliti oleh peneliti menunjukan bahwa dari uji korelasi pearson product moment menunjukan nilai dari koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,289> 0,279), sedangkan disiplin belajar diperoleh koofisien korelasi r hitung lebih besar dari r tabel product moment (0,302> 0,279) dan untuk uji keberartian pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan dan disiplin belajar dengan hasil belajar remaja, menurut hasil dari analisis data mempunyai besaran rxy lingkungan belajar = 0,289 dan rxy disiplin belajar= 0,302 yang berada interpretasi koefisien korelasi nilai R pada interval 0,200 sampai dengan 0,399 yang berada pada kategori rendah. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Remaja

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306183060 NADIA SHOVIYANA
Date Deposited: 10 Sep 2022 05:10
Last Modified: 10 Sep 2022 05:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30387

Actions (login required)

View Item View Item