NUJUM ROBITOH, 3217113080 (2015) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS III MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas III MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung”, ini ditulis oleh Nujum Robitoh dibimbing oleh Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: STAD, Prestasi Belajar dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Perlu kita ketahui bahwa kemampuan antar siswa satu dengan yang lain itu berbeda-beda, hal itulah yang menyebabkan daya diperlukan model belajar yang diajarkan juga berbeda-beda. Untuk itu diperlukan model belajar yang dapat menanamkan pemahaman konsep dasar pada siswa sebagai acuan dalam memahami konsep selanjutnya. Salah satu model yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPA yang berkembang saat ini adalah model pembelajaran kooperatif. Model ini merupakan konsep pembelajaran yang membantu guru memanfaatkan kelompok-kelompok kecil siswa yang bekerja bersama untuk mencapai sasaran belajar dan memungkinkan peserta didik memaksimalkan proses pembelajaran satu sama lain. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada adanya aktifitas dan interaksi untuk memotivasi peserta didik saling membantu menguasai materi pembelajaran agar dapat mencapai prestasi yang maksimal dengan membentuk kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 siswa secara heterogen. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Jenis-jenis gerak benda siswa kelas III MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung? (2) Apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapaan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Jenis-jenis gerak benda siswa kelas III MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung? Manfaat penelitian ini adalah 1) secara teoritis yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang pendididkan, khususnya tentang penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar IPA, secara praktis yaitu a) bagi kepala sekolah dan para guru MI Nurul Islam adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan kebijakan dan pertimbangan untuk upaya meningkatkan proses belajar mengajar, b) bagi peneliti selanjutnya adalah dapat menambah pengetahuan, wawasan dan sarana dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, c) bagi peneliti adalah hasil penelitian ini untuk menambah wawasan, refrensi dan kajian untuk meningkatkan keberhasilan dalam proses pendidikan melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran di sekolahan, d) bagi perpustakaan IAIN Tulungagung adalah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan koleksi dan referensi pendidikan untuk sumber belajar atau bacaan bagi mahasiswa lainnya. Metode jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian adalah kelas III MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 23 siswa. Instrument yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara, cacatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II aktifitas peneliti dan siswa mengalami peningkatan. Aktifitas peneliti siklus I 68,57% menjadi 85,71% pada siklus II, sedangkan aktifitas peserta didik siklus I 76,66% menjadi 86,66% pada siklus II. Sedangkan pada hasil belajar, rata-rata nilai siswa, mengalami peningkatan yaitu rata-rata nilai tes awal 34,78%; rata-rata tes akhir siklus I 47,82%; dan rata-rata tes akhir siklus II 82,60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model STAD ini, siswa menjadi aktif dalam kelompok, siswa saling bekerjasama dengan siswa lain, siswa juga dapat menguasai pelajaran yang disampaikan, dan siswa saling membantu apabila teman dalam kelompok mengalami kesulitan belajar. Ini semua dapat dilihat pada hasil observasi terhadap siswa di kelas selama pembelajaran berlangsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 3217113080 NUJUM ROBITOH |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 01:08 |
Last Modified: | 29 Dec 2015 01:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3045 |
Actions (login required)
View Item |