PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII-A MTS DARISSULAIMANIYYAH DURENAN TRENGGALEK

ZUFAN HAKIM MUZAKI, 12204183130 (2022) PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII-A MTS DARISSULAIMANIYYAH DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII-A MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek” ditulis oleh Zufan Hakim Muzaki, NIM. 12204183130, pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konseptual, Pemahaman Prosedural, Gaya Kognitif, SPLDV Seringkali siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep dan prosedur matematika. Pemahaman konseptual dan pemahaman prosedural merupakan serangkaian langkah demi langkah dalam menyelesaikan masalah dengan logis. Gaya kognitif merupakan cara siswa yang khas dalam belajar dan menerima informasi dari lingkungan. Berdasarkan kecepatan dan ketepatan menjawab, gaya kognitif dibedakan menjadi dua, yaitu gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif. Siswa dengan gaya kognitif yang berbeda memiliki perbedaan dalam pemahaman konseptual dan prosedural matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa VIII-A MTs Darissulaimaniyah dengan gaya kognitif reflektif menyelesaikan masalah SPLDV dan (2) Untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa VIII-A MTs Darissulaimaniyah dengan gaya kognitif reflektif impulsif menyelesaikan masalah SPLDV. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 2 siswa kognitif impulsif. Pengumpulan data dilakukan dengan, tes MFFT, tes pemahaman, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dapat dilihat dari ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu (1) Pemahaman konseptual siswa gaya kognitif reflektif memenuhi semua indikator pemahaman konseptual yaitu mengidentifikasi fakta-fakta yang berkaitan, mengenali contoh dan non contoh, menafsirkan tanda-tanda, simbol, dan istilah, memanipulasi ide-ide terkait,dan menyempurnakan hubungan konsep dan prinsip. Siswa juga memenuhi semua indikator pemahaman prosedural yaitu mengetahui langkah menyelesaikan masalah, mengetahui mengenai kapan dan bagaimana menggunakan prosedur, dan mampu menjelaskan dan membenarkan jawaban. (2) Pemahaman konseptual siswa gaya kognitif impulsif hanya memenuhi 3 indikator yaitu mengidentifikasi fakta-fakta yang berkaitan, mengenali contoh dan non contoh dan memanipulasi ide terkait. Siswa dengan gaya kognitif impulsif tidak memenuhi semua indikator pemahaman prosedural yaitu pengetahuan mengenai langkah menyelesaikan masalah, pengetahuan mengenai kapan dan bagaimana menggunakan prosedur dengan benar, dan mampu dalam menjelaskan dan membenarkan jawaban.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183130 Zufan Hakim Muzaki
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:32
Last Modified: 14 Sep 2022 08:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30465

Actions (login required)

View Item View Item