ANALISIS PEMBERITAAN VAKSINASI COVID-19 DALAM VIDIO NEWS ITEM TV-ONE

RISZA FORTUNATA RATIKASIWI, 12305183054 and AMRULLAH ALI MOEBIN, 198806042019031013 (2022) ANALISIS PEMBERITAAN VAKSINASI COVID-19 DALAM VIDIO NEWS ITEM TV-ONE. [ Skripsi ]

[img] Text
ANALISIS PEMBERITAAN VAKSINASI COVID-19 DALAM VIDIO NEWS ITEM TV-ONE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Dalam melakukan penekanan pada angka kenaikan covid-19, pemerintah berupaya untuk melakukan penanganan dengan memberikan vaksin gratis terhadap masyarakat. Pada tanggal 30 desember 2020 pemerintah membeli vaksin dan memberikan vaksin tersebut pada tanggal 13 Januari 2021. Pada informasi ini banyak media massa yang bergerak dan bergabung dalam memberitakan sesuai apa yang telah terjadi saat ini. Sebagai media yang berbasis audio-visual, televisi menjadi sarana yang efektif dalam memberitakan sebuah informasi untuk membentuk opini masyarakat. Sangat banyak channel televisi yang memberitakan informasi ini dari angel dan gaya yang berbeda. Salah satu media televisi yang terus mengikuti perkembangan kasus ini adalah channel Tv-One. Alasan peneliti mengambil judul ini yaitu setiap channel televisi telah memiliki cara sendiri untuk membingkai sebuah konten. Bagaimana cara mereka menyampaikan dan membingkai akan menjadikan prespektif kepada masyarakat. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti akan membahas mengenai bagaimana cara media massa channel Tv-one dalam membingkai berita sehingga dapat menggiring opini masyarakat yang berbeda. Dengan menggunakan pendekatan analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki identifikasi untuk penggunaan televisi diklasifikasikan dalam empat struktur yang mana dapat ditemukan perbedaan analisis framing dalam pemberitaan pada channel Tv-One. Pada penelitian ini, peneliti juga menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan komunikasi massa, terutama yang berkaitan dengan informasi. Dalam kaitannya dengan analisis data, peneliti menggunakan teori kontruksi realitas yang mana teori ini menjelaskan tentang kontruksi realitas suatu media. Dari analisis tersebut ditemukan bahwasannya pemberitaan Tv One berupaya untuk memberikan informasi yang akurat, sesuai dengan realitas sosial namun tidak jarang pembingkaian yang dilakukan dapat menggiring opini masyarakat. Kata kunci : Analisis Framing, Tv-One, Media Televisi, Vaksinasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Penyiaran Islam > Televisi
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305183054 RISZA FORTUNATA RATIKASIWI
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:49
Last Modified: 14 Sep 2022 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30471

Actions (login required)

View Item View Item