PERAN PEMERINTAH DALAM PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN PASAR TRADISIONAL (STUDI KASUS DI DESA DONO KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG)

BAYU SETYAWAN, 17104163055 (2021) PERAN PEMERINTAH DALAM PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN PASAR TRADISIONAL (STUDI KASUS DI DESA DONO KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Bayu Setyawan, NIM. 17104163055, Peran Pemerintah dalam Perindungan dan Pemberdayaan Pasar Tradisional (Studi Kasus di Desa Dono Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung) Jurusan Hukum ekonomi Syariah, IAIN Tulungagung, 2018, Pembimbing: Hj. Indri Hadisiswati, SH., M.Hum Kata Kunci: peran pemerintah, perlindungan dan pemberdayaan, pasar tradisional Penelitian ini dilatar belakangi oleh pasar tradisional sebagai warisan budaya yang harus tetap eksis dari masa kemasa sehingga kebutuhan pokok tidak tergantung pada bahan-bahan import dan tata ruang maupun tata kelola pasar di tempatkan secara baik dan menarik sehingga memberikan keamaan dan kenyamanan untuk pedaganag maupun pembeli, untuk lingkungan, pasar diharapkan menarik wisatawan sehingga mendatangkan profit untuk daerahnya. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah peran pemerintah dalam perlindungan terhadap pasar tradisional di Desa Dono Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. 2) Bagaimanakah peran pemerintah dalam pemberdayaan terhadap pasar tradisional di Desa Dono Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Metode peneltian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis peneltian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara, atau penelaah dokumen. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), adanya penarikan kesimpulan dan verifikasi. Peran pemerintah dalam memberikan perlindungan terhadap pasar tradisional di Kabupaten Tulungagung yaitu dari aspek perlindungan hukum pemerintah Kabupaten Tulungagung telah memiliki perda nomor 6 tahun 2010 pasal 7, namun dalam pelaksanaannya masih kurang optimal, dari segi isi perda tersebut masih perlu diperjelas mengenai aturan lokasi pasar seperti zonasi pasar tradisional dan pasar modern yang masih kurang jelas, selain itu aturan perizinan dan pendirian pasar juga kurang optimal ditandai dengan semakin menjamurnya pasar modern dan toko modern di kabupaten Tulungagung yang berdampak terhadap keberlansungan pasar tradisional. Peran pemerintah dalam melakukan pemberdayaan terhadap pasar tradisional dikelolah oleh perusahaan daerah dan beberapa pasar lainnya yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga sebagai pengembang (swasta) masih kurang dalam melakukan pembinaan terhadap pedagang pasar tradisional. Dalam bantuan modal pemerintah memfasilitasi pasar tradisional dengan pihak perbankan untuk bantuan modal yang masih sulit dijangkau oleh pedagang kecil. Pengembangan pasar tradisional dan pelaku usaha yang ada didalamnya masih kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 17104163055 Bayu Setyawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:26
Last Modified: 15 Sep 2022 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30531

Actions (login required)

View Item View Item